Komunikasi 5220980010_40bc767eb2

Published on March 1st, 2012 | by duniatraining

0

5 Strategi Membuat Presentasi yang Powerfull

Apakah Anda sering mendengarkan saat pimpinan Anda bicara? Guru atau Pelatih pada saat Seminar? Bagaimana seseorang dapat begitu menarik perhatian para penonton atau peserta yang menikmati presentasi mereka.

Mungkin Anda juga terkagum-kagum hingga ingin tahu bagaimana rahasia mereka agar tampil begitu memukau, sedangkan saat Anda presentasi atau berbicara di depan umum, Anda merasa sangat tak terkontrol dan gugup menyelimuti Anda. Saat berada di momen yang penting atau diharuskan untuk berbicara di depan umum, maka Anda perlu mengetahui strategi untuk menguasai penonton Anda atau setidaknya menikmati setiap kata yang Anda lontarkan saat berada di depan umum.

Berikut 5 strategi yang dapat Anda gunakan untuk membuat presentasi Anda lebih memukau banyak orang.

  1. Kontak Mata.
    Mata Anda terlalu gugup untuk menyadari belasan atau puluhan pasang mata yang menyaksikan presentasi Anda ? Cobalah untuk tidak selalu menatap ke atas, bawah atau menatap terlalu lurus ke depan. Saat presentasi pastikan Anda siap dan tenang, untuk setiap kata yang terucap biarkan terjadi kontak mata terhadap penonton, termasuk mereka yang di ujung kiri dan kanan.Lakukan kontak mata singkat dengan memutar kepala Anda ke arah audience sepanjang presentasi. Hal ini akan memberikan kesan bahwa Anda menerima para audience dan begitu pula sebaliknya, audience akan terpukau dengan keterbukaan Anda karena Anda menganggap mereka penting dengan melakukan kontak mata.
  2. Vokal.
    Ada saat-saat dimana dibutuhkan intonasi yang berbeda untuk menyampaikan suatu pesan, atau kondisi dan situasi yang berbeda. Hal ini dapat disiasati dengan banyak latihan dan perhatikan kepada siapa, kapan dan bagaimana seharusnya Anda berbicara.Buatlah catatan pribadi untuk mengungkapkan suatu kata, dan gunakan jeda yang tepat untuk setiap kalimat.
  3. Gerakan Tangan.
    Komunikasi didepan banyak orang tidak selalu hanya menggunakan suara, gunakanlah gerak tangan untuk menyatakan suatu hal atau meningkatkan rasa tertentu dalam presentasi Anda.Gerakan tangan dan bantuan suara yang tepat akan memunculkan efek audiovisual yang tepat dan menjadikan presentasi Anda lebih interaktif. Pastikan gerakan Anda cukup baik untuk dilihat, bergerak dengan pasti dan bermakna. Gunakan tangan untuk menunjuk, mengilustrasikan semangat atau keterbukaan.Anda akan kagum dengan kemampuan komunikasi Anda yang lebih mantap dengan gestur tubuh yang baik.
  4. Kurangi gumaman.
    Kata-kata yang bernada keraguan seperti “umm” atau anulir seperti “ah” sebaiknya Anda hilangkan jauh-jauh dari cara presentasi Anda, bahkan pasa saat berkomunikasi secara normal, hal tersebut dapat menunjukkan buruknya cara berkomunikasi Anda atau Anda ragu-ragu untuk menyampaikan suatu hal yang membuat lawan atau penonton Anda tidak tertarik dengan presentasi Anda.Kata-kata tersebut sesungguhnya tidak memiliki arti yang pasti. Bila Anda memiliki masalah dengan gumanan, cobalah untuk mengurangi kecepatan bicara Anda secara constant. Karena bila tidak segera diatasi, hal ini akan mengganggu konsentrasi audience Anda pada saat presentasi.
  5. Raja di Pangung.
    Ada banyak situasi yang membuat Anda harus mampu beradaptasi disaat Anda melakukan presentasi. Untuk panggung dengan podium, mungkin ruang gerak Anda tidak terlalu luas, namun dapat disiasati dengan kekuatan suara dan secara menyeluruh fokus tertuju pada Anda.Menurut riset penonton lebih interaktif terhadap pembicara yang bergerak secara leluasa di sekitar panggung, namun pastikan gerakan Anda tidak terlalu sering seingga terkesan hanya mondar-mandir tanpa tujuan jelas. Saat Anda ingin bergerak ke suatu tempat, lakukanlah dengan tenang dan tetap menjaga perhatian penonton tetap pada Anda.

Tags: , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑

Email address
Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.