Motivasi Smile

Published on January 12th, 2012 | by duniatraining

0

8 Pelajaran Berharga Dalam Kehidupan

Banyak orang berkata “pengalaman adalah guru yang paling berharga”,  saat kita manyadari bahwa belajar dari pengalaman, kesalahan masa lalu dan berbagai pelajaran hidup untuk meningkatkan kualitas hidup kita, maka saat itulah kita sedang mendaki puncak kesuksesan kita.

Namun jangan batasi diri Anda hanya dengan belajar melalui pengalaman pribadi yang telah berlalu, bertanyalah kepada seseorang yang memiliki pengalaman dan berhasil meraih kesuksesannya, baik itu pengalaman penuh kemenangan maupun kegagalan.

Dengan mengetahui cara bagaimana seseorang dapat menggapai keberhasilan, kita dapat mengikuti jejak para pemenang tersebut dan mendapatkan inspirasi dari perjuangan mereka, dengan kreativitas dan inovasi, Anda dapat menciptakan keberhasilan versi Anda.

Begitu juga sebaliknya kita dapat belajar dari kesalahan orang lain dan berusaha untuk tidak menghindarinya. Di era informasi yang pesat, kebutuhan informasi dan komunikasi dapat diakses tanpa mengenal ruang dan waktu.

Berikut delapan pelajaran berharga yang layak Anda tahu untuk meningkatkan kualitas hidup Anda, pahami dan jadikan inspirasi bagi kesuksesan Anda:

  1. Efektifitas Biaya HidupKebutuhan hidup begitu beragam, dari yang penting, mendesak, tidak terlalu penting, bahkan sampai kebutuhan yang hanya sekedar pelengkap. Terkadang dengan begitu banyaknya penawaran, kita terjebak dalam ideologi konsumerisme tinggi yang membuat kita enggan untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung atau diinvestasikan.Cobalah untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan Anda, dengan mengidentifikasi kebutuhan yang penting, mendesak, jangka panjang maupun jangka pendek. Rencanakanlah juga masa depan Anda dengan memilih investasi yang menarik dan sesuai kebutuhan Anda dan pastikan Anda selalu memiliki dana simpanan untuk keadaan darurat
  2. Bangun jaringan persahabatan yang kondusif Anda bukanlah siapa yang Anda kenal, tapi siapa saja yang mengenal Anda dan memiliki hubungan yang baik dengan Anda. Mungkin dengan banyaknya akun yang kita miliki di situs jejaring sosial, terkadang kita meremehkan arti sesungguhnya dari networking.Sesungguhnya nama dan informasi kontak online yang kita miliki bukan merupakan jaringan yang aktif. Untuk mewujudkan jaringan yang sesungguhnya, kita harus membangun jaringan yang saling mengetahui, dapat saling menjangkau untuk membantu dan dapat merespon Anda dengan aktif karena mereka benar-benar mengenali Anda.Maka berilah nilai pada keberadaan Anda kepada orang-orang yang mengenal Anda, seperti dengan cara memberi komunikasi yang efektif, kepedulian dan saling membantu.
  3. Berorientasi pada karier yang lebih baik Begitu banyak prospek yang muncul di era globalisasi pada beberapa tahun terakhir ini, profesi-profesi baru bermunculan. Prospek karir juga semakin berkembang, begitu juga sebaliknya perekonomian dapat berubah sewaktu-waktu.Tidak ada salahnya untuk memikirkan peluang karir yang lebih menantang atau sekedar mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik melalui pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat dan keahlian Anda. Buatlah rencana B atau bahkan rencana C untuk mendapatkan karier idaman  Anda kedepan, pastikan transisi yang Anda lakukan dapat berjalan dengan baik.
  4. Miliki kemampuan menjual Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata “menjual”? Mungkin yang ada di pikiran Anda adalah sales, discount ataupun teknik marketing. Banyak orang salah kaprah tentang menjual. Kenyataannya hidup kita penuh dengan aktivitas menjual, saat bekerja, kita berusaha menawarkan kemampuan kita untuk perusahaan berinteraksi, begitu pula saat berkomunikasi, kita menawarkan pemikiran Anda kepada orang lain.Dengan memiliki kemampuan menjual yang baik, akan mempermudah Anda untuk mampu memahami lingkungan sekitar, mengidentifikasi kebutuhan yang ada, dan dapat lebih memahami orang lain sehingga Anda mampu meraih apa yang Anda inginkan. Dengan pemahaman dan praktik menjual yang berkelanjutan, Anda dapat mengambil kesempatan untuk memulai bisnis Anda sendiri.
  5. Lebih cerdas, lebih bersemangat Kebutuhan akan informasi dan ilmu pengetahuan sangat dihargai di era globalisasi yang sangat pesat dan penuh persaingan. Dengan memiliki kemampuan yang baru dan selalu berkembang kita akan mampu berkompetisi dalam persaingan. Berikanlah perhatian khusus untuk ilmu pengetahuan, cari tahu bagaimana cara belajar lebih efektif dan pengetahuan yang dapat bermanfaat untuk masa depan.
  6. Olahraga sebagai investasi kesehatan Betul! Kesehatan adalah salah satu investasi paling berharga bagi kehidupan Anda, dengan selalu menjaga kesehatan. Luangkanlah waktu sekitar 20 – 30 menit dalam sehari untuk melatih tubuh Anda dan memastikan Anda selalu terjaga dari berbagai resiko kesehatan yang sangat merugikan bagi produktivitas Anda.Pastikan kondisi tubuh Anda selalu fit untuk meraih kesempatan-kesempatan emas dan bangun kebiasaan baik agar kesehatan anda tetap terjaga dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, seimbang dan keseimbangan mental yang baik.
  7. Tingkatkan nilai religius Ada saat-saat dimana kita berada dalam kondisi yang membuatuhkan pertolongan, dengan meningkatkan nilai religius dalam diri Anda, Anda akan lebih mudah mendapatkan ketenangan atas setiap kondisi yang merugikan atau tekanan-tekanan pekerjaan yang membutuhkan mentalitas kuat.Memiliki hubungan yang baik dengan sesuatu yang memiliki daya super besar dan selalu menjanga hubungan antara diri pribadi, tuhan dan sesama manusia akan menciptakan ketenangan dalam diri dan membuat Anda lebih siap dalam menghadapi tantangan. Pahamilah sifat ketuhanan dalam diri Anda, dan pastikan Anda menempatkan setiap hal dalam perspektif yang tapat.
  8. Pribadi yang rendah hati Memiliki kepribadian yang menyenangkan dan rendah hati merupakan sebuah magnet untuk mendapatkan banyak teman dan jaringan yang berkualitas. Hidup tidak hanya tentang bagaimana kita mendapatkan apa yang telah kita perjuangkan dan cita-citakan, namun juga bagaimana kita mampu meraih keberhasilan bersama dan saling berbagi antar satu sama lain.Dengan memiliki banyak teman, Anda akan menemukan keberuntungan yang tidak terduga, banyak orang yang akan memberikan perhatian kepada Anda, mendukung Anda dan selalu ada pada saat Anda membutuhkannya.

Tags: , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address