Productivity brain

Published on January 16th, 2012 | by duniatraining

2

Tips Super Meningkatkan Memori

Otak manusia memiliki daya luar biasa melebihi komputer tercanggih di dunia, dengan melatih otak kita maka potensi yang didapat akan lebih besar dan meningkatkan produktivitas kita hingga meraih hasil yang maksimal. Memori otak sangat bergantung pada kesehatan dan vitalitas otak, dengan selalu menjaga kondisi kesehatan melalui makanan yang seimbang, olahraga dan menghindari stress maka Anda dapat meningkatkan memori otak tanpa harus terkekang oleh mitos-mitos keliru seputar daya kerja otak.

Siapapun Anda, baik seorang pelajar yang akan menghadapi ujian, profesional yang selalu dituntut memiliki keterampilan baru maupun seorang pengambil keputusan yang dihadapkan pada keadaan kritis, Anda dapat meningkatkan performa daya ingat Anda dengan mengikuti tips berikut.

Manfaatkan Kekuatan Otak.

Setiap manusia memiliki kemampuan untuk beradaptasi atas perubahan-perubahan yang ada atau yang biasa disebut neuroplastisitas. Adaptasi ini akan tetap berlangsung bahkan pada saat usia lanjut. Dengan memiliki waktu tidur dan olahraga yang proporsional, pastikan Anda selalu memporsikan waktu tidur Anda dengan baik dan menyiapkan waktu untuk berolahraga.

Dengan waktu tidur yang cukup, maka otak Anda akan memiliki nutrisi yang cukup untuk memproses dan mengingat informasi, begitu juga olahraga akan meningkatkan oksigen ke otak dan mengurangi resiko gangguan hilangnya memori seperti penyakit diabetes dan radiovaskular.

Miliki Waktu Bersenang-senang.

Apakah Anda suka mengisi teka-teki silang? Bermain scrable? Atau berkompetisi dalam permainan catur? Temukan kesenangan Anda dalam melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan yang mampu melatih otak Anda, agar lebih menyenangkan cobalah bermain bersama teman-teman yang memiliki kegemaran sama, dengan melakukan berbagai kegiatan bersama teman-teman anda atau orang lain akan meningkatkan kemampuan kognitif dan menurut hasil penelitian terbaru Harvard School of Public Health bahwa orang dengan kehidupan sosial yang aktif memiliki tingkat penurunan memori yang lebih lambat.

Dengan bersenang-senang dan tertawa otak akan mengaktifkan beberapa daerah di seluruh otak tidak seperti respon emosional yang terbatas pada daerah tertentu saja di seluruh otak. Tidak salah jika Anda menertawakan diri Anda tentang kekonyolan masa lalu, memasang poster lucu, screensaver computer Anda yang lucu.

Hindarkan Diri dari Stress.

Otak sangat peka terhadap aktivitas yang menimbulkan stress, jangan biarkan stress Anda melemahkan sel-sel dalam otak Anda dan merusak sel hippocampus yang berperan aktif dalam pembentukan kenangan baru dan pemanggilan kenangan lama. Penelitian ilmiah membuktikan bahwa kesehatan mental dapat diatasi dengan meditasi, melalui meditasi kecemasan, depresi, nyeri kronis diabetes dan tekanan darah tinggi dapat diminimialkan begitu juga sebaliknya melalui meditasi kita akan mampu menyeimbangkan mental, meningkatkan konsentrasi, kreativitas dan pembelajaran keterampilan dalam bernalar, ketajaman berpikir dan tentunya kemampuan memori.

Perhatikan nutrisi untuk otak.

Konsumsi makanan bergizi yang baik akan meningkatkan daya kerja otak, seperti halnya karbohidrat sebagai bahan bakar untuk tubuh, otak juga membutuhkan bahan bakar. Buah-buahan, sayur,  biji-bijian dan lemak sehat akan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan Anda.

Tidak hanya memperhatikan apa yang Anda konsumsi, sebaiknya Anda juga memperhatikan apa yang tidak boleh Anda konsumsi untuk memastikan otak Anda tidak memiliki kendala dalam menerima asupan gizi atau mengalami penurunan kualitas otak. Omega 3 yang terdapat pada ikan memiliki peran penting dalam kesehatan otak, asam lemak omega 3 dalam ikan salmon, tuna, trout, mackerel, sarden dan haring akan membantu anda terhindar dari resiko penyakit Alzheimer.

Untuk Anda yang tidak terlalu suka mengkonsumsi ikan, pastikan Anda mendapatkan gizi yang setara melalui suplemen minyak ikan, atau sumber omega lain seperti kacang kenari, kacang kedelai dan sebagainya. Sayuran juga tidak kalah penting dalam pembangunan sel dalam otak Anda, pertimbangkan untuk mengkonsumsi sayuran secara rutin seperti bayam, brokoli, selada romaine, lobak dan buah-buahan seperti mangga, melon, anggur dan semangka.

Latihan Otak.

Secara aktif dan berangsur-angsur Anda perlu melatih otak Anda dengan memastikan aktivitas intelektual Anda tetap berjalan dan berkelanjutan. Buka diri anda untuk belajar hal-hal baru dalam rangka memberdayakan otak Anda, cobalah untuk belajar bahasa asing, memecahkan masalah atau kasus rumit atau memecahkan teka-teki Sudoku, mempelajari musik dan olahraga baru akan membuat otak Anda lebih aktif dan menyambungkan jutaan neuron baru yang efeknya ide-ide cemerlang atau solusi dari masalah Anda akan lebih mudah Anda temukan.

Semakin besar ruang lingkup kegiatan baru yang Anda coba, maka semakin banyak manfaay yang akan Anda dapatkan dan bertambahnya pengalaman Anda. Pastikan setiap aktivitas yang Anda lakukan bersifat dan pastikan juga tidak terlalu sulit.

Tags: , , , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



2 Responses to Tips Super Meningkatkan Memori

  1. Thanks kiriman artikelnya. Saya berharap topik seperti ini diperbincangkan secara terus menerus. Semakin banyak yang memperbincangkan semakin kita mengenali misteri manusia.

  2. Ravi says:

    Terimakasih buat informasi yang sangat membantu perkembangan iniii,,,,,,,,,,,,,,,,,sukses selalu buat Dunia Training

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address