Leadership 321378809_1df33867ba_z

Published on November 5th, 2012 | by duniatraining

0

5 Cara Memprioritaskan Tugas Rumit

Tujuan dari sebuah prioritas adalah untuk membantu Anda mencapai hasil terbaik dengan upaya yang sesuai. Namun bagaimana dengan tugas rumit yang membutuhkan perhatian khusus, atau jumlah tugas yang dapat dikatakan banyak sehingga.

Anda bingung mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu karena merasa semua tugas sama pentingnya. Berikut ini 5 cara memprioritaskan tugas rumit dengan lebih efektif.

1. Gunakan Whiteboard.
Sebagai pribadi mandiri tidak jarang kita dituntut untuk mengatur tugas kita sehari-hari, manajemen waktu dalam mengerjakan tugas menjadi hal mutlak yang harus Anda kuasai.

Jika Anda merasa bingung harus memulia dari mana, Anda dapat memulainya dari sebuah whiteboard, tuliskan di dalam whiteboard apa saja tugas-tugas Anda baik dalam skala harian, bulanan atau tugas-tugas penting lainnya yang tidak, tidak dapat ditunda.

Bisa jadi white board menjadi alat yang efektif untuk produktifitas Anda, letakkan di daerah terbuka sehingga Anda dan rekan Anda dapat melihatnya, secara psikologis akan menjadi sebuah hal yang memalukan apabila rekan Anda melihat beberapa tugas yang belum tuntas dikerjakan sehingga menjadi pemicu Anda untuk lebih semangat dan lebih cepat dalam mengerjakan tugas yang ada di dalam daftar whiteboard.

2. Program untuk Produktivitas.
Ini merupakan alat manajemen proyek yang sederhana dan mudah digunakan dan lebih membantu Anda program ini berbasis web sehingga Anda dapat menggunakannya kapan saja dimana saja dengan koneksi internet yang ada.

Hal ini dapat memberikan perspektif yang lebih luas tentang deskripsi pekerjaan Anda dan memungkinkan Anda untuk menganalisis tugas yang ada dan memilih mana yang dapat diselesaikan oleh orang lain.

Salah satu pilihan program untuk produktifitas adalah AgileZen.com yang dapat digunakan untuk personal maupun team.

3. Delegasikan.
Anda tidak perlu menyelesaikan segala sesuatunya sendiri, Anda dapat mendelegasikan kepada bawahan Anda.

Faktanya adalah bahwa terkadang untuk hal-hal tertentu Anda harus menundanya dan jika diasumsikan Anda mengenakan biaya perjam dari setiap penundaan yang Anda lakukan, Anda dapat mengatasinya dengan menyewa tenaga profesional dibidangnya sehingga Anda mendapat hasil yang sama baiknya dengan yang Anda lakukan.

Banyak situs ataupun freelancer yang 0menjadi solusi untuk masalah yang ada dan menawarkan keterampilan yang butuhkan termasuk penerjemah, penulis, mobile programmer, web developer, designer dan masih banyak yang lainnya.

4. Mengidentifikasi Tugas Terpenting.
Penting untuk menetapkan terlebih dahulu tujuan sebelum Anda mengerjakan tugas-tugas yang menjadi prioritas Anda. Berhentilah menunda dan mulailah mencapai hal-hal lebih dalam pekerjaan serta karier Anda.

Jika Anda belum yakin mana yang harus Anda prioritaskan, katakanlah pada diri Anda apa yang akan terjadi jika jika Anda tidak menyelesaikan pekerjaan tersebut ? Bagaimana jika hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan?

Apakah jawaban tersebut cukup mengancam masa depan Anda? Atau membuat Anda merasa kurang nyaman? Jika iya, itu artinya hal tersebut pantas menjadi prioritas.

5. Tulis Tugas.
Cobalah kenali tugas harian terpenting Anda yang hanya Anda sendiri yang dapat melakukannya dan tulis di dalam sebuah catatan, Tempatkan catatan tersebut di tempat yang sering Anda lihat, seperti tepi monitor, di dalam dompet atau bahkan di layar smart phone Anda.

Dengan cara sederhana ini Anda tidak akan kehilangan atau tidak sengaja lupa dengan tugas-tugas penting Anda. Let’s work smart dan dapatkan waktu berkualitas Anda.

Tags: , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address