Health 5914092322_aaeb6e34dc

Published on November 6th, 2012 | by duniatraining

0

Cara Unik yang Ampuh Mengusir Stres

Stres dapat dialami setiap orang, baik pekerja, ibu rumah tangga maupun anak sekolah. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stres, mulai dari makan, berbelanja hingga ke psikolog, namun sebagian besar orang melakukan cara-cara negatif untuk menghilangkan stressnya yang kemungkinan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Dengan menyalurkan stress untuk hal-hal yang bermanfaat Anda akan terhindar dari resiko hipertensi dan menurunkan kekebalan tubuh.

“Semua orang merasa tertekan, sampai-sampai kita mulai berpikir hal itu normal karena telah terbiasa dengannya. Bahkan terkadang kita mencoba untuk berpura-pura tidak stres tapi tak dapat dipungkiri jika stres diam-diam bisa membunuh Anda,”

ujar psikoterapis Robert Friedman, penulis buku How to Relax in 60 Seconds or Less.

Jadi dari pada bergelut terlalu lama dengan stres yang menjengkelkan ,simak beberapa cara unik yang ampuh mengusir stres berikut ini :

1. Berbincang dalam bahasa aneh.
Berkreativitas, buat perkataan dengan bahasa yang aneh dan sedikit konyol seperti mengganti semua huruf vokal yang Anda ucapkan menjadi huruf “o” atau mencoba berbincang dalam bahasa yang belum terdeteksi seperti  gabba beee abba du jaaah atau bla bla blu bleh dan gunakan itu untuk ngobrol dengan rekan Anda.

Mungkin Anda akan terdengar konyol tapi bisa dijamin setelah itu Anda akan tertawa. Dan saat itulah stres Anda akan perlahan mulai berkurang.

2. Bermain drum.
Dari pengalaman berberapa orang, bermain drum dapat membuat Anda lebih relax, karena saraf motorik yang langsung berhubungan dengan indra pendengaran.

Seorang pebisnis mencoba cara ini, untuk pertama kalinya dalam 40 tahun, si pebisnis itu mengatakan bahwa nyeri punggung kronisnya menghilang,

“Saya baru saja menyadari jika main drum bisa membuat Anda bersenang-senang dan melepaskan stres, secara sadar maupun tidak.”

“Dengan bermain drum, Anda akan membantu mendorong emosi internal yang perlu kita keluarkan,”

timpal Friedman

3. Meniup balon.
Ketika stres Anda cenderung mengambil nafas pendek dan dangkal. Itulah mengapa meniup balon memaksa Anda untuk bernafas lebih lambat dan dalam karena Anda harus menggunakan diafragma untuk itu.

Teknik ini juga dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik, menurunkan detak jantung dan merilekskan otot Anda.

Jika tidak, setiap kali membuka pintu ruangan kerja Anda maka lakukan itu sambil mengambil nafas dalam-dalam, saran Friedman.
4. Yoga tertawa.
Anak-anak tertawa sebanyak 140 kali sehari, padahal orang dewasa hanya bisa melakukannya 12-14 kali. Setiap kali tertawa Anda melepaskan endorfin, padahal hormon itu 200 kali lebih kuat ketimbang morfin.

Yoga tertawa dapat membantu Anda melakukannya karena yoga ini memprovokasi Anda tertawa melalui kontak mata dan latihan pernafasan.

Bahkan jika Anda bisa tertawa, meski awalnya hanya berpura-pura, maka upaya ini akan menciptakan efek di dalam tubuh yang memicu pelepasan endorfin dan melawan stres Anda.

5. Membuat mimic wajah lucu.
Ajak teman Anda untuk membuat muka lucu satu sama lain atau gunakan cermin. Dari situ Anda bisa terdorong untuk tertawa dengan cepat.

Kalau perlu lakukan terus hingga Anda merasa rileks dan stres Anda mereda.

6. Mendengar suara ibu.
Sejumlah peneliti menemukan ketika para gadis muda berada dalam situasi yang tertekan, mendengarkan suara ibunya lewat telepon dapat mengurangi hormon stres yang dialaminya sembari meningkatkan pelepasan kadar oksitosin atau hormon yang membuatnya kembali merasa enakan.

7. Menghindari media massa.
Cobalah sesekali saat stres Anda mematikan TV atau laptop Anda, kalau perlu tumpuk koran dan majalah Anda di pojok ruangan.

Terkadang Anda perlu mengambil jeda dari berbagai berita tentang kejadian di dunia untuk menjernihkan kepala, mengurangi kekhawatiran dan memprioritaskan kehidupan Anda sendiri.

Disadari atau tidak berita-berita negatif akan  berdampak buruk bagi pemikiran Anda yang membuat Anda lebih mudah stres karena kekhawatiran yang berlebih.

Lakukan hal ini selama seminggu dan tak perlu merasa bersalah. Sebagian besar kisah yang beredar di media massa biasanya masih akan berkeliaran di minggu depan, jadi meski ketinggalan Anda masih bisa mencari sumbernya dan membacanya.

8. Bermainlah seperti anak-anak.
Apa permainan favorit Anda saat kecil ? Cobalah kembali permainan jaman kanak-kanak Anda seperti lompat tali, main sepatu roda, main gelembung udara atau habiskan waktu selama 10 menit untuk bermain hula hop.

Selain itu, jangan bermain karena Anda ingin memenangkan sesuatu atau membuat orang lain terkesan. Satu-satunya tujuan Anda adalah untuk bersenang-senang dan melepaskan stres Anda

“Jadi ketika Anda stres, hentikan aktivitas utama Anda dan simak koleksi kegiatan unik yang dapat Anda  lakukan dan Boom ! stress pun hilang.

Tags: , , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address