Productivity Ideas

Published on January 19th, 2012 | by duniatraining

0

Mau Jadi Kreatif? Ini Caranya

Manusia memiliki daya pikir yang tidak terbatas, namun raksasa tidur dalam diri kita hendaknya mampu diberdayagunakan secara maksimal untuk membantu pekerjaan manusia atau memberikan solusi atas setiap masalah yang ada.

Berbagai produk kreativitas buah pemikiran manusia telah dihasilkan untuk mempermudah setiap kegiatan manusia, dari ATM, Komputer sampai system keuangan.  Dengan memiliki daya kreativitas Anda akan mampu mendapatkan solusi yang efektif dan efisien untuk setiap kebutuhan dan masalah Anda.

Namun banyak orang yang memiliki pradigma tertentu tentang kreativitas, mitos mitos seperti kreatifitas adalah bakat atau bawaan lahir, tidak semua orang memiliki kreativitas dan berbagai mitos lainnya yang cenderung memberikan label “Tidak Kreatif” terhadap diri sendiri.

Faktanya adalah kreativitas seseorang sebenarnya dapat di asah, seperti halnya IQ dan kecerdasan lainnya, jadi mulai sekarang tinggalkan mitos-mitos kuno tentang ketidak kreativitasan. Berikut tips yang dapat Anda praktikkan untuk merangsang meningkatkan daya kreativitas Anda. Praktikkan, buktikan dan dapatkan manfaat terbesar dari daya kretivitas Anda yang tak terhingga.

  1. Dengarkan Musik.
    Musik merupakan media yang sangat baik untuk merangsang daya kreativitas Anda, pernahkan Anda mendengarkan dongeng dan masuk ke dunia imajinasi yang digambarkan melalui eskripsi kata-kata ataupun suara-suara yang berikan.Begitu juga musik melalui berbagai instrument mampu melukiskan setiap perasaan yang dibawakan bahkan terkadang tanpa lirik. Musik-musik yang dapat menjadi rekomendasi Anda untuk mengasah kreativitas di antaranya adalah Johann Sebastian Bach.Dengarkan musik instrument di saat senggang Anda dan visualisasikanlah dalam pikiran Anda maka Anda akan menemukan berbagai hal menarik yang dapat diciptakan oleh pikiran kreatif Anda.
  2. Brainstorm.
    Otak kita dapat diibaratkan mesin super yang dapat bekerja dengan tenaga penuh, menghasilkan ide-ide brilian, solusi masalah-masalah tertentu ataupun konsep abstrak akan suatu hal. Tapi seperti layaknya mesin yang jarang digunakan, apabila otak Anda terbiasa untuk berpikir sederhana, terlalu cepat menyerah untuk mencari solusi dari suatu masalah maka sel-sel dalam otak pun dapat menjadi lumpuh.Karena itu pentingnya brainstorming, brainstormning adalah teknik dimana kita didorong untuk mampu menghasilkan gagasan dan mencoba menghadapi segala hambatan dan menemukan suatu solusi dari masalah tertentu. Melalui brainstorming kita akan banyak mendapatkan ide-ide yang unik, berbeda bahkan kadang nyeleneh, tidap perlu langsung mengkritik atau mengevaluasi setiap ide, setelah ide cukup banyak terkumpul maka pilihlah ide yang relefan dengan masalah yang ada, minta pendapat orang lain dan putuskan.Dengan melakukan brainstorming kita akan mampu menemukan ide yang tepat dan membantu lebih cepat dalam mengambil keputusan. Untuk tahu lebih banyak tentang brainstorming klik di http://www.jpb.com/creative/brainstorming.php.
  3. Note Penampung Ide.
    Ide atau gagasan begitu mahal, dan terkadang ide-ide brilian yang tak pernah terpikirkan (bahkan saat kita brain storming) muncul begitu saja. Yang harus Anda mengerti dari sifat ide adalah dapat begitu cepat datang namun juga dapat hilang dalam waktu sekejap, karena itu penting untuk selalu membawa note kecil kemanapun Anda pergi untuk merekam setiap ide kreatif yang tiba-tiba muncul.Percayalah tidak akan cukup bila Anda hanya menyimpan ide tersebut di memori otak Anda, arus informasi yang begitu banyak datang ke otak biasanya menghempas informasi kecil lainnya dan saat ide tersebut ingin digunakan, ia telah pergi entah kemana. Dengan membawa note, anda dapat membaca kembali ide Anda tanpa harus bersusah payah.
  4. Kamus Ide.
    Jika Anda sangat membutuhkan ide, cobalah untuk membebaskan pikiran Anda, carilah inspirasi dengan memikirkan hal yang menyenangkan atau berdiskusi hal yang menarik dengan rekan Anda. Namun apabila hal tersebut tidak dapat Anda lakukan, Anda dapat menemukan ide dari kamus, ya kamus !Cobalah membuka halaman di kamus secara acak dan pilih satu kata. Bebaskanlah pikiran Anda dan formulasikan beberapa ide lain yang berhubungan dengan menggabungkan kata tersebut. Anda akan terkejut dengan hasil yang akan Anda dapatkan. Konsepnya adalah kebebasan karena pada dasarnya tidak ada yang dapat membatasi pikiran Anda, kecuali diri Anda sendiri.
  5. Definisikan Masalah.
    Terkadang saat kita dihadapkan atas suatu masalah, kita seakan akan terjebak dalam labirin yang sangat berliku. Pemikiran kita yang tidak terstruktur akan mengarahkan kita pada pemikiran-pemikiran negative sehingga membiasakan kita pada solusi dan keputusan yang harus diambil.Karena itu pentingnya untuk mendefinisikan masalah yang ada, saat kita memahami masalah kita akan lebih mudah untuk mendapatkan poin-poin penting sebagai acuan dari solusi yang akan dibuat. Gunakanlah kertas, komputer atau media elektronik lainnya. Anda akan menjaring ide- ide positif dari penjabaran masalah Anda.
  6. Olahraga Kecil.
    Bila Anda ada dalam kondisi dimana Anda membutuhkan gagasan menarik dan anda pikiran anda sedang tidak kondusif atau stuck. Cobalah untuk mencari atmosfir yang berbeda dan berolahraga ringan.Dengan memberikan visualisasi baru bagi mata Anda dan berolahraga secara ringan dengan menggerakkan anggota tubuh Anda seperti jogging atau starching, Anda akan mengaktifkan sel-sel di otak Anda agar dapat bekerja lebih produktif.Bila Anda ada dalam kondisi dimana Anda membutuhkan gagasan menarik dan anda pikiran anda sedang tidak kondusif atau stuck.Cobalah untuk mencari atmosfir yang berbeda dan berolahraga ringan. Dengan memberikan visualisasi baru bagi mata Anda dan berolahraga secara ringan dengan menggerakkan anggota tubuh Anda seperti jogging atau starching, Anda akan mengaktifkan sel-sel di otak Anda agar dapat bekerja lebih produktif.
  7. Banyak Membaca.
    Otak terbentuk dari berbagai syaraf yang saling terhunung, semakin banyak informasi yang masuk ke otak maka akan semakin banyak hubungan yang terjadi antar syaraf dan membaca melatih otak anda dengan menvisualisasikan apa yang Anda baca dan menambah informasi di otak Anda sehingga mampu mengaitkan antar informasi satu dengan yang lainnya, membuahkan inspirasi dan mempermudah hubungan antar sel sehingga menimbulkan ide kreatif.
  8. Latihan Otak.
    Olahraga tidak hanya untuk tubuh Anda, otak Anda pun perlu dilatih, banyak latihan untuk memaksimalkan kinerja otak Anda. Pernahkah Anda mendengar istilah senam otak, atau anda bisa melatih otak Anda dengan membaca berbagai leteratur yang tidak berkaitan dengan profesi Anda seperti sejarah, otobiografi tokoh favorit Anda atau budaya Negara lain.Melatih otak juga bisa dilakukan melalui diskusi dengan seorang pakar, orang yang tidak setuju dengan pendapat Anda, berdebat tentang film atau politik tapi pastikan perdebatan anda merupakan perdebatan yang menstimulai otak untuk berpikir secara kreatif dan maksimal.

Tags: , , , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address