Komunikasi 4832161068_8e34f3ab02_z

Published on January 30th, 2012 | by duniatraining

0

Membangun Mindset Positif

Terdapat hubungan yang erat antara cara berpikir positif dengan penyakit mental yang dimiliki seseorang. Penelitian ilmiah membuktikan bahwa berpikir positif sangat membantu dalam pencegahan serta penyembuhan penyakit mental, begitu pula seseorang yang mudah merasa depresi atau kecemasan, kemampuan untuk berpikir positif akan berkurang.

Saat kita dihadapkan pada penyakit mental kronis, hendaknya kita memiliki optimistis yang realistis. Menurut hasil riset tidak ada suplemen atau obat yang dapat menghilangkan dampak yang terjadi karena depresi.

Melihat dampaknya yang begitu signifikan terhadap mental, hendaknya kita memiliki mindset yang positif guna membentengi diri kita terhadap terjangan stress atau depresi akibat berbagai hal.   Mindset positif tidak datang begitu saja, namun dapat dibangun setahap demi setahap.

Cobalah untuk fokus pada hal-hal yang baik dan kasih sayang yang diberikan kepada anda melalui orang-orang terkasih, tidak perlu cemas akan hal-hal yang ada di luar kendali kita dan ada baiknya kita memiliki hubungan yang baik terhadap sang pencipta. Berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membangun atau mempertahankan pola pikir positif.

  1. Berbagi Kebahagiaan Serta Masalah.
    Sebagai makhluk sosial, manusia tidak terlepas dari manusia lainnya. Interaksi yang terjadi memungkinkan kita harus selalu berkomunikasi serta memberikan konstribusi.Perhatikanlah orang-orang di sekeliling Anda, diantara lingkungan Anda siapakah orang yang dapat Anda ajak bertukar pikiran, berbagi kebahagiaan saat Anda mencapai sebuah prestasi dan menjadi pendengar serta pemberi saran terhadap masalah Anda.Dengan berbagi kebahagiaan serta masalah Anda akan merasa berharga, berikanlah perhatian khusus bagi orang-orang yang spesial untuk Anda dengan begitu Anda akan lebih mudah menghadapi segala masalah dan dapat terhindar dari penyakit mental seperti stress, depresi dan sebagainya.
  2. Memiliki Jurnal Pribadi.
    Apakah Anda merasa hari Anda tidak begitu berarti ? Tidak ada yang spesial di sepanjang hari Anda? Mulailah untuk menjadikan hari Anda lebih berharga dengan banyak memberi, untuk setiap pencapaian dan pembelajaran yang Anda alami dapat disimpan dalam rangkaian tulisan sederhana.Tidak perlu mendeskripsikan keberhasilan Anda secara lengkap, cukup dengan bahasa yang Anda mengerti dan setidaknya mewakili perasaan Anda pada kondisi tersebut. Dengan memiliki jurnal pribadi, Anda akan banyak belajar dan mengingat melalui memori Anda.Pencapaian-pencapaian yang telah direkam juga akan mempengaruhi mentalitas Anda untuk menghargai diri sendiri, sehingga mindset positif yang Anda miliki dengan sendirinya akan terbangun, begitu pula pembelajaran-pembelajaran baik dari kesalahan orang lain atau diri sendiri akan menjadikan Anda lebih tangguh terhadap tantangan yang ada.
  3. Kesadaran Akan Situasi dan Kondisi.
    Ketidaknyamanan akan suatu kondisi memungkinkan Anda akan lebih cepat tanggap terhadap kondisi yang sedang Anda jalani, banyak orang tidak menyadari saat-saat mereka merasa depresi, kenali gejala-gelaja depresi.Tingkatkan kesadaran Anda terhadap kualitas mental Anda dengan mengevaluasi diri.Secara perlahan Anda akan terbiasa untuk mampu melihat hal yang berpotensi akan membuat Anda dan segera memperbaiki kondisi atau minimal memperbaiki pemikiran Anda agar lebih positif dan terbebas dari penurunan motivasi yang berujung pada penyakit mental.
  4. Beri Hadiah Kecil.
    Penghargaan mutlak diperlukan terhadap sebuah kerja keras, tidak perlu mengharapkan penghargaan dari orang lain, cukup dengan hadiah kecil yang berarti untuk diri sendiri akan membangkitkan gairah untuk melakukan pencapaian-pencapaian berikutnya.Hadiah tidak perlu yang membuat Anda merasa memenangkan lotre, cukup katakan pada diri sendiri “Saya akan bertamasya bersama keluarga saat target saya tercapai” atau “Hari ini akan makan malam di restoran favorit saat masalah ini selesai hari ini juga”.Dengan menanamkan apresiasi terhadap pencapaian Anda, maka akan lebih mudah untuk take action dan menerapkan mindset positif terhadap diri sendiri dan pencapaian-pencapaian yang berlangsung

Tags: , , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address