Health 5251983922_ed7fe94ae8_z

Published on November 28th, 2012 | by duniatraining

0

Temukan Solusi Menurunnya Daya Ingat dengan Buah Berry

Penurunan daya ingat kini bukan hanya menjadi masalah para manula, namun sekarang ini kaum muda mulai mengalami penurunan kognitif dan menyebabkan kepikunan, risiko pikun karena demens.

Ia atau penyakit Alzheimer pun kini telah mengincar seseorang di usia paruh baya. Tetapi untungnya risiko tersebut dapat dicegah dengan memperbanyak konsumsi buah beri.
Buah beri seperti bluberi dan stroberi diketahui memiliki manfaat mencegah demensia dan penyakit Alzheimer karena kandungan flavonoid-nya.
Flavonoid dapat melintasi penghalang aliran darah ke otak dengan mudah dan terbukti mengurangi penurunan kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.Sebuah studi baru baru yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Neurology menunjukkan bahwa penurunan kognitif ketika usia bertambah bisa tertunda hingga 2,5 tahun dengan mengonsumsi makanan yang kaya flavonoid seperti buah beri.

Studi sebelumnya telah menunjukkan efek positif dari konsumsi flavonoid buah beri, tetapi hanya terbatas pada studi hewan atau kelompok sampel yang sangat kecil.

Penelitian ini adalah yang pertama kali menunjukkan pencegahan kritis dan sifat penyembuhan flavomoid terhadap demensia dan penyakit Alzheimer yang melibatkan lebih dari 100.000 orang dewasa dengan usia paruh baya.

Flavonoid adalah struktur bioaktif yang ditemukan pada tanaman yang dikenal memiliki sifat antioksidan yang kuat dan anti-inflamasi. Ahli nutrisi berteori bahwa stres dan peradangan dapat menyebabkan penurunan kognitif, tetapi efek berbahaya tersebut dapat digagalkan dengan meningkatkan konsumsi flavonoid.

Kepikunan yang disebabkan karena demensia dan penyakit Alzheimer kini semakin umum terjadi karena gaya hidup seseorang yang semakin buruk seperti paparan polusi, bahan kimia rumah tangga, dan diet yang tinggi gula dan lemak terhidrogenasi.

Untuk melakukan studi ini, peneliti mengkaji data dari 121.700 wanita dengan usia antara 30 sampai 55 tahun yang diminta menyelesaikan kuesioner tentang kesehatan dan gaya hidup.

Peserta memberikan rincian tentang frekuensi konsumsi makanan setiap empat tahun dan peneliti mengukur fungsi kognitif peserta setelah usianya menginjak 70 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa peningkatan konsumsi buah beri dapat memperlambat penurunan kognitif hingga 2,5 tahun pada wanita yang lebih tua.

Asupan anthocyanidins dan flavonoid dalam jumlah yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan penurunan kognitif degenerasi yang mengarah ke penyakit Alzheimer.

“Penelitian ini meneliti bahwa asupan buah beri dapat memperlambat tingkat penurunan kognitif. Kami bahkan memiliki bukti epidemiologi bahwa buh beri dapat memperlambat perkembangan penurunan kognitif pada wanita lanjut usia,”

kata Dr. Elizabeth Devore, penulis utama studi.

Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa sejumlah gaya hidup dan langkah diet dapat mempromosikan kesehatan otak dan mencegah kehilangan memori.

Makanlah satu sampai dua porsi buah-buahan, terutama bluberi dan stroberi setiap hari untuk meningkatkan fungsi otak yang normal.

Tags: , , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address