Komunikasi 6355571249_76b5bdfdcd_z

Published on November 29th, 2012 | by duniatraining

0

Pentingnya Keterampilan Komunikasi bagi Pemimpin

Seorang pemimpin tidak hanya dilihat dari besar kecilnya tanggung jawab, namun juga bagaimana ia mampu mengkomunikasikan setiap hal yang berhubungan dengan pekerjaan kepada seluruh staf dan rekan kerjanya.

Rahasia kesuksesan seorang pemimpin tidak terlepas dari  kemampuan berkomunikasi. Sadar atau tidak, setiap individu yang hidup didunia ini  setiap harinya pasti harus dan selalu berhubungan dengan orang lain.

Mayoritas seorang pemimpin ataupun orang yang sukses baik sukses dalam masalah financial, keluarga maupun dipekerjaan adalah orang yang pandai berkomunikasi dan pandai berbicara.

Berdasarkan fakta, pandai berkomunikasi  bukanlah sebuah bakat yang dibawa sejak lahir,  siapapun itu bisa menjadi pandai berkomunikasi jika kita mengetahui caranya.

Kadang kita menemukan juga bahwa suatu organisasi atau perusahaan yang besar kadang kala ada masalah kecil yang ketika dibahas menjadi meluap begitu besar ? Mengapa hal tersebut dapat terjadi ?

Siapapun tahu bahwa komunikasi adalah hal yang terpenting yang bisa mempengaruhi kesuksesan kita jika Anda bisa berbicara dengan baik dan menyenangkan, maka akan banyak di sukai oleh banyak teman-teman Anda, Anda akan menjadi jauh lebih sukses lagi baik di bidang karir maupun di kehidupan Anda sehari-harinya.

“Jangan menjadi orang rata-rata‚”

Buckminster Fuller katakan.

Setiap orang memiliki alat komunikasi berupa  mulut , tetapi tidak semua orang bisa menggunakan mulutnya dengan baik sehingga membuahkan kesuksesan bagi mereka.

Yang kita butuhkan sekarang agar tidak menjadi rata-rata orang adalah belajar hal-hal yang melatih otak kita untuk menjadi lebih baik lagi.

Berikut beberapa tips komunikasi yang sukses sebagai seorang pemimpin adalah sebagai berikut :

1. Jujur  dan terbuka.

Jika kita ingin karyawan kita dapat mempercayai seorang pemimpin atau atasan maka , pemimpin harus berkata jujur dan terbuka.

Karena kita tidak dapat menuntut kepercayaan karyawan kepada kita, kalau kita sendiri tidak dapat dipercaya didalam perkataan kita yang tidak jujur dan terbuka.

2. Fokus.

Seorang pemimpin haruslah fokus kepada apa yang di bicarakan.

3. Memiliki Cara Pandang yang terbuka.

4. Menjadi pendengar yang baik.

5. Percaya diri.

6. Menghargai pendapat orang lain.

7. Biasakan untuk mengucapkan kata maaf, tolong dan terima kasih.

Ketika kita butuh bantuan seseorang biasakan untuk mengucap kata tolong, maaf , jika kita berbuat salah, dan terima kasih jika kita dapat menyelesaikan tugas mereka.

8. Memiliki wawasan yang luas.

9. Memiliki visi yang jelas.

10.Memberikan apresiasi kepada karyawan yang berprestasi.

Siapapun orangnya sekalipun tidak pandai bicara asalkan mereka mau berubah dan belajar, mereka pasti bisa berhasil.

Apalagi mereka yang sudah menjadi seorang pemimpin harus bisa dan mau untuk mengevaluasi diri untuk terus menjadi yang terbaik, khususnya didalam komunikasi , maka yang harus di perhatikan adalah kosakata, cara penyampaiannya, nada atau intonasi, dan hal-hal yang lainnya.

Untuk itu diperlukan terus berlatih dan mengevaluasi, kemudian memperbaikinya lagi. Jika diperlukan tanyakan pendapat rekan Anda yang dapat memberikan masukan positif, agar mendapat penilaian yang objektif.

Kemampuan berkomunikasi yang baik, mutlak Anda perlukan untuk mencapai keberhasilan Anda.

 

 

Tags: , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address