Motivasi 61056391_31343afdc6_z

Published on February 2nd, 2012 | by duniatraining

0

5 Hal Penting yang Wajib Diketahui Tentang Uang

Setiap orang di era modern sekarang ini menggunakan, membutuhkan dan mencari uang, dapat dikatakan uang membuat dunia tetap berputar. Melalui bisnis, penawaran dan kebutuhan yang selalu ada, uang mustahil hilang dari peradaban kita.

Dengan segala daya yang dimiliki uang, kita sebagai aktor utama pengguna system keuangan hendaknya mampu untuk mengatur dan menguasai kemampuan untuk memilih dan mengambil keputusan atas penggunaan uang yang kita miliki.

Banyak negatif buruk yang didapatkan dari buruknya pengaturan keuangan, besar pasak daripada tiang, terlilit sejumlah utang, hubungan yang kurang harmonis antara pasangan suami isteri atau putusnya hubungan kerja sama.

Pastikan Anda tidak terjebak dan diperbudak oleh cara kerja keuangan yang ada, berikut hal-hal yang wajib Anda ketahui untuk memanage keuangan pribadi Anda.

  1. Cara kerja kartu kredit.
    Sudah menjadi bagian dari gaya hidup, bahwa kartu kredit sebagai bagian dari transaksi modern yang memudahkan. Kartu kredit bagai pedang bermata dua, ia dapat bekerja untuk Anda, memberikan keuntungan besar kepada Anda ataupun meningkatkan produktivitas Anda.Namun apabila tidak digunakan secara bijak, kartu kredit dapat menjadi masalah besar untuk keuangan kita. Ada baiknya Anda memahami peraturan yang terlampir bersamaan dengan kartu kredit Anda, berapa bunga yang diberlakukan untuk transaksi kredit Anda, ketahui berapa batas nominal transaksi Anda, kapan batas maksimum pembayaran dan nomor yang dapat dihubungi saat keadaan darurat.
  2. Buatlah Anggaran.
    Buatlah pembagian khusus untuk keuangan pribadi Anda, pisahkan anggaran-anggaran yang bersifat penting, rutin, simpanan dan keperluan tak teduga. Apabila memungkinkan buatlah akun bank untuk mempermudah Anda membagi anggaran Anda secara garis besar.Seperti, akun bank A untuk simpanan, biaya tak terduga dan kebutuhan mendesak dan akun bank B untuk transaksi, keperluan sehari-hari atau uang saku maupun berbagai pembayaran yang bersifat bulanan.Bila Anda memiliki bisnis, sebaiknya Anda memiliki Akun yang terpisah sehingga tidak merepotkan Anda antara manajemen keuangan pribadi ataupun bisnis.Selalu cek setiap kurun waktu tertentu tingkat konsumeritas Anda, apabila seimbang dengan biaya yang telah Anda anggarkan tiap bulannya, maka Anda dapat dengan mudah mengatur dan meningkatkan keuangan Anda agar lebih baik.Terkadang orang tidak suka untuk membuat anggaran karena merasa terkekang oleh biaya yang sudah ditetapkan dalam rencana, namun percayalah, dengan budgeting Anda tidak akan merasa bahwa uang anda tiba-tiba hilang saat Anda membutuhkannya atau saat akhir bulan.
  3. Waktu adalah Uang.
    Tahukah Anda nilai uang selalu berkurang dalam kurun waktu tahunan. Bila kita berinvestasi sejumlah uang hari ini, besar kemungkinan jumlah uang yang sama akan lebih rendah nilainya dibandingkan dengan tahun depan. Sebenarnya mudah untuk memahami nilai sesungguhnya dari uang, inflasi dan perekonomian akan memberikan dampak terhadap nilai uang yang Anda miliki sekarang dan berdampak pada masa depan.Nilai Rp 100.000,- saat ini bila diasumsikan rata-rata investasi 9% akan bernilai Rp 109.000,- di tahun selanjutnya bila diinvestasikan dalam bentuk lain, misalnya emas, saham dan lainnya, namun di saat yang bersamaan nilai uang Rp. 100.000,- akan sama nilainya dengan Rp. 91.000,- tanpa diinvestasikan.Dengan mengerti nilai uang dalam satuan waktu Anda akan lebih memahami dan mensiasati pentingnya memaksimalkan waktu yang Anda miliki.Andapun dapat menempatkan waktu Anda yang berharga dengan satuan uang sehingga Anda dapat lebih menghargai waktu Anda, misalkan dengan membuat 1 jam yang Anda miliki setara nilainya dengan Rp. 100.000,-
  4. Memulai Investasi Secepatnya.
    Saat Anda mengerti fungsi dari investasi yang akan menambah nilai uang Anda melalui waktu, Anda akan mengetahui bahwa nilai uang Anda akan bertambah saat Anda menginvestasikannya. Tidak ada salahnya memahami jenis investasi yang menurut Anda menarik dan dapat Anda geluti lebih dalam, tidak perlu tergesa-gesa menentukan mana investasi yang menghasilkan lebih baik dan mana yang memiliki resiko lebih rendah.Semakin cepat Anda menentukan investasi yang akan Anda pilih, memulai investasi maka keuntungan yang Anda dapatkan akan lebih besar dan lebih banyak dibanding Anda menunggu atau menginvestasikan nilai uang yang lebih besar di masa mendatang.
  5. Buatlah Uang Anda Bekerja Untuk Anda.
    Mendapatkan pendidikan layak, memiliki keterampilan yang memadai sesuai kebutuhan angkatan tenaga kerja dan memulai karir secara profesional. Namun sedikit yang memahami pentingnya cara bagaimana uang bekerja untuk Anda.Bisnis merupakan investasi yang sangat fleksibel, dengan sistem yang akurat dan terorganisis maka bisnis yang dijalankan akan setara dengan investasi lainnya. Namun tentunya bisnis menuntut peran aktif kita sebagai pemilik, dengan keterampilan khusus dan profesionalitas Anda dapat mengembangkan bisnis Anda dengan omzet maksimum dan yang berarti juga uang bekerja untuk Anda.

Tags: , , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address