Motivasi 5606461065_bb0cbd75f8_z

Published on February 3rd, 2012 | by duniatraining

0

Tips Sehat Sepanjang Tahun

Di awal bulan Februari ini mari kita review apa resolusi Anda untuk tahun 2012? karir yang melesat naik, lebih konsentrasi kepada kebahagiaan keluarga atau finansial pribadi yang meningkat ? Apapun resolusi Anda, pastikan Anda memiliki prioritas yang proporsional tentang kesehatan Anda, karena untuk meraih semua resolusi Anda, Anda memerlukan kesehatan yang prima.

Berikut 7 tips untuk mempertahankan kesehatan Anda agar tetap fit mengejar resolusi dan meraih kesuksesan anda secepat kilat.

  1. Kecepatan makan dan berat badan.
    Hindari kondisi dimana Anda merasa sangat lapar untuk makan, pastikan pola makan Anda teratur dan miliki kontrol saat Anda melahap makanan favorit Anda. Para pada saat tubuh membutuhkan asupan makanan, maka kecepatan makan akan meningkat dan ini tidak baik bagi metabolisme tubuh Anda.Begitu pula saat Anda melahap makanan lezat, cenderung Anda akan makan lebih cepat. Dengan makan terlalu cepat, penimbunan akan terjadi di tubuh Anda sekitar 4,2 pon berbeda dibandingkan apabila Anda makan dengan perlahan dengan penambahan sekitar 1.5 pon.Tahukah Anda, tubuh membutuhkan 20 menit untuk melepaskan hormon ke otak untuk memberi tanda bahwa perut sudah penuh melalui hormon. Untuk menghindari penimbunan lemak karena makan cepat, Anda dapat meminum air pada setiap suapan Anda saat makan. Hal ini dapat membantu untuk memperlambat proses makan dan menghindari dehidrasi.
  2. Musik dan Kemampuan Berpikir.
    Setiap orang memiliki selera musiknya masing-masing, tapi kita semua sepakat kalau musik begitu ajaib. Saat Anda merasa bad mood, musik dengan beat yang tinggi dapat membuat Anda lebih bersemangat ataupun dengan musik yang tenang Anda akan membantu Anda menjadi lebih rileks.Namun jangan berhenti hanya pada kondisi menikmati musik, cobalah membuat musik Anda sendiri. Dengan membuat musik, akan membantu pikiran Anda menjadi lebih tajam. Cobalah belajar memainkan alat musik kesukaan Anda, dengan musik banyak bagian otak Anda akan bekerja secara aktif.Dengan menikmati, memainkan dan membuat musik akan membuat anda tetap fit secara mentalitas dan siap menghadapi tantangan demi meraih resolusi Anda.
  3. Kumpul Keluarga.
    Saat-saat bersama keluarga memang selalu menyenangkan, namun jangan hanya bercengkraman dengan keluarga di rumah Anda. Cobalah menghubungi paman, bibi atau sepupu Anda. Bercengkraman dengan keluarga besar memberikan peluang berbagi dan mengerti kondisi keluarga Anda yang sesungguhnya, apabila ada anggota kelurga Anda yang memiliki kesehatan kurang baik, Anda dapat mencari tahu apakah pernah ada riwayat diabetes di keluarga Anda atau kanker agar Anda dapat lebih waspada terhadap kemungkinan resiko Anda terkena sakit yang bersifat keturunan.Dan dapatkan nasihat-nasihan berguna atau hanya sekedar tips untuk menghindari sakit yang telah dialami anggota keluarga yang lain. Di lain sisi, Anda dapat lebih bahagia mengetahui keluarga Anda selalu ada untuk Anda, tidak ada yang lebih membahagiakan selain berbagi dengan keluarga dan menjadi bagian dari keuarga besar.
  4. Hindari Stress.
    Anda mungkin dapat mengontrol emosi Anda namun saat stress datang, pastikan Anda tidak larut dalam stress yang berkepanjangan.Ketahui kondisi mental Anda sekarang dan saat Anda merasa stress, maka ada baiknya Anda mengambil waktu Anda sebentar untuk sekedar melepas stress seperti membaca buku kesukaan, mendengarkan musik, main video game atau bercengkraman dengan tetangga melalui obrolan ringan.
  5. Check Up Rutin.
    Tentunya mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan rutin terhadap kesehatan Anda, guna mendeteksi lebih cepat penyakit atau kelainan yang mungkin timbul sehingga dapat meminimalisir waktu, biaya dan tenaga untuk penyembuhan.
  6. Perhatikan sekeliling Anda.
    Setiap manusia tidak akan terlepas dengan lingkungan sekitarnya, apabila lingkungan kita sehat dan kondusif, makan memudahkan kita untuk menjadi lebih sehat. Perhatikanlah lingkungan Anda sejenak, apakah sudah cukup baik?Buatlah sebuah perubahan-perubahan kecil seperti menghijaukan lingkungan Anda, lebih memperhatikan kebersihan dan komunikasi antar sesama. Lingkungan dengan kondisi baik akan mendorong orang-orangnya untuk menjadi lebih sehat dan bahagia, hal ini sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental dalam diri setiap individu.
  7. Bangun kebiasaan positif.
    Kebiasaan adalah sesuatu yang telah dilakukan sejak lama dan bagian dari suatu kehidupan, cobalah evaluasi kebiasaan Anda dan temukan hal-hal menarik dalam kebiasaan Anda. Apakah sudah efektif ? Bila Anda merasa belum cukup efektif dan masih dapat mengganti kegiatan-kegiatan negatif menjadi lebih produktif, seperti menonton tv hingga larut malam menjadi membaca buku.Anda juga dapat meningkatkan kualitas kebiasaan Anda dengan menjalankan gaya hidup sehat dengan berolahraga kecil di pagi hari atau melakukan meditasi untuk keseimbangan emosi.

Tags: , , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address