Leadership oprah winfrey

Published on December 11th, 2012 | by duniatraining

0

Tips Dari Oprah Winfrey Untuk Anda

Siapa yang tidak kenal dengan Oprah Winfrey? Dia merupakan salah satu wanita yang paling terkenal dan menginspirasi orang-orang didunia.

Berawal dari kehidupannya yang sulit di masa muda, kini Oprah telah menjadi salah satu orang terkaya.

Kali ini kami ingin memberikan beberapa tips sukses dari Oprah Winfrey yang dapat membantu Anda mendapatkan kehidupan yang luar biasa, tanpa memandang apa status dan kondisi kehidupan Anda saat ini.

Karena Oprah sendiri juga mampu melewatinya.

1. Pertahankan Fokus Anda Di Tempat Yang Tepat.

“Bersyukurlah atas segala hal yang anda miliki; dan anda akan memiliki lebih banyak lagi. Jika anda berkonsentrasi pada ada yang tidak anda miliki, anda tidak akan pernah berkecukupan.”

Ketika kita memfokuskan diri pada apa yang kita miliki dan mensyukurinya atau memfokuskan diri pada hal-hal yang kita inginkan, hal-hal ini akan mulai menjadi kenyataan dalam hidup kita.

Dengan bersyukur dan menghargai hal-hal yang kita temui setiap hari tidak akan mengubah mood kita yang cenderung negative menjadi positif secara instan. Namun setidaknya kita bisa memiliki lebih banyak informasi mengenai apa yang kita inginkan atau solusi atas hal-hal yang kita coba selesaikan.

Satu atau dua reminder; sebagai contoh catatan kecil di lemari es kita, dapat membantu kita untuk tetap fokus pada tempat yang tepat di kehidupan sehari-hari.

2. Defisinikan Ulang Arti Kata Kegagalan.

“Saya tidak percaya akan kegagalan. Bukanlah kegagalan jika anda menikmati prosesnya.”

“Lakukan satu hal yang menurut anda tidak bisa anda lakukan. Jika anda gagal, cobalah lakukan lagi. Lakukan lebih baik pada percobaan kedua. Orang yang tidak pernah terjatuh adalah orang yang tidak pernah mengambil risiko. Ini adalah saatnya. Ambil kesempatan ini dan lakukan!”

“Saya percaya salah satu resiko terbesar dalam kehidupan adalah tidak adanya keberanian untuk mengambil risiko.”

Salah satu penyebab yang menghambat orang-orang dalam meraih impian mereka adalah rasa takut gagal. Namun seperti yang sudah tertulis, kegagalan bisa menjadi pengalaman berharga yang akan membantu anda.

Faktanya, tanpa kegagalan kita tidak akan pernah mempelajari hal-hal yang kita butuhkan untuk mencapai kesuksesan yang anda impikan.

Jadi, dari pada kita melihat kegagalan sebagai sesuatu yang menakutkan, definisikan ulang arti kata kegagalan dalam pikiran kita sebagai suatu proses pembelajaran.

Dua tips lain yang bisa kita gunakan untuk menghadapi kegagalan adalah:

Pertama, ciptakan mental yang ‘berlebih’. Rasa takut gagal biasanya merupakan hasil pemikiran kita sendiri karena kita selalu merasa ‘kekurangan’.

Kedua, fokuslah pada prosesnya. Kita harus memfokuskan diri pada apa yang sedang kita kerjakan bukan pada hasil.

3. Anda Memberi Makan Rasa Takut Anda.

“Apapun yang anda takuti sebenarnya tidak memiliki kuasa atas anda – rasa takutlah yang menguasai diri anda.”

Rasa takut umumnya adalah perasaan yang muncul dari pikiran yang kita beri makan dengan energi yang kita miliki. Jadi, kuncinya adalah untuk menerima rasa takut anda. Dengan menerima apa adanya rasa takut tersebut, kita akan berhenti member makanan pada perasaan tersebut.

Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan mengikuti emosi, lalu lakukan hal yang kita takuti tersebut. Dengan mengikuti emosi, kita melepaskan atau setidaknya melemahkan perasaan-perasaan negatif yang menahan kita untuk melakukan sesuatu.

Dengan  bertindak, pikiran kita akan mendapatkan bukti bahwa apa yang kita takuti sebenarnya tidak menakutkan seperti yang ada dipikiran kita.

4. Lakukan Hal Yang Benar.

“Inti dar integritas adalah melakukan hal yang benar, terlepas dari apakah orang lain mengetahui anda melakukannya atau tidak.”

Poin ini sangatlah menarik. Namun bagaimana kita melakukannya? Bagaimana kita tetap mengerjakan hal yang benar ketika tidak ada seorang pun yang memperhatikan dan memeriksa kita?

Dua tips lain yang bisa kita gunakan untuk menghadapi kondisi ini.

Yang pertama, buatlah aturan untuk diri kita sendiri. Jika kita mengikuti peraturan orang lain maka kita akan bertanggung jawab kepada orang yang membuat peraturan tersebut. Dan akan lebih mudah bagi kita untuk berbuat curang atau melakukan kesalahan ketika tidak ada yang memperhatikan kita.

Namun jika kita membuat aturan untuk diri kita sendiri maka kita sendirilah yang bertanggungjawab. Jika kita bisa bertanggungjawab terhadap diri kita sendiri, akan lebih mudah bagi kita untuk melakukan hal yang kita rasakan benar secara konsisten.

Yang kedua, jangan bergantung pada validasi eksternal. Jika kita bergantung pada validasi eksternal pendapat dari orang-orang yang mengatakan bahwa kita melakukan pekerjaan dengan baik, dan lain lain, maka akan sulit bagi kita untuk melakukan sesuatu sesuai dengan aturan main kita.

5. Anda Menuai Apa Yang Anda Tanam.

“Satu hal yang saya yakini adalah apa yang anda berikanakan kembali pada diri anda sendiri.”

Nasihat ini merupakan nasihat klasik, dan saya percaya nasihat ini sangat tepat.Orang cenderung untuk beradaptasi dan memberikan respon. Mereka memperlakukan anda seperti anda memperlakukan mereka.

6. Lupakan Masa Lalu, Hiduplah Dimasa Sekarang.

“Ambil nafas, lepaskan, dan ingatkan diri anda bahwa saat ini merupakan waktu yang anda miliki dengan pasti.”

Salah satu hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan kepribadian kita adalah dengan melupakan apa yang sudah terjadi; jangan memikirkan hal-hal negatif yang terjadi dimasa lalu kita terlalu lama.

7. Segala Hal Yang Terjadi  Berada Dalam Kendali Anda.

“Setiap dari kita bertanggung jawab atas kehidupan kita sendiri, bukan orang lain.”

Ketika kita muda, orang lain bertanggung jawab atas kehidupan kita. Salah satu tanda kematangan adalah jika seseorang bertanggungjawab 100% atas kehidupannya sendiri.

Namun, tetap masih ada perasaan dimana kita menginginkan orang lain untuk bertanggungjawab atas kehidupan kita.

Picture: greginhollywood

Tags: , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address