Financial bisnis online

Published on January 2nd, 2013 | by duniatraining

0

Bisnis Online di Indonesia bagian pertama

Bisnis Online di Indonesia bagian pertama

Bisnis Online di Indonesia meningkat tajam seiring dengan kemajuan IT di Indonesia perkembangan dan kebutuhan akan informasi digital serta pemasaran online. Dari tahun ke tahun banyak sekali Instansi, Perusahaan, Pemerintahan, Hotel maupun Usaha Personal yang mulai melirik promosi lewat internet.

Tak heran hal itu terjadi karena website merupakan salah satu Kekuatan Brand Bagi dunia usaha. Website Dapat Meningkatkan Nilai Penjualan dan Promosi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Jika dilihat dari tren perkembangan dunia usaha online di Indonesia juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tren Online Marketing mengalami tren naik sangat tajam di Indonesia.

Dari sekitar 1 Juta Blogger di tahun 2004 menjadi sekitar 50 juta Blogger di tahun 2010 (Sumber : www.alexa.com) dan akan terus naik di tahun tahun selanjutanya karena semakin mudahnya akses internet di Indonesia.

Internet marketing sebenarnya sudah populer di berbagai negara maju sejak tahun 1999, dimulai dengan lahirnya mesin pencari dan email web based yahoo kemudian disusul oleh kelahiran mesin pencari lain yang sekarang sangat familiar yaitu google sekitar tahun 1998-1999 yang didirikan oleh dua anak muda Larry Page dan Sergrey Brin.

Pendiri Google dalam waktu singkat berhasil masuk dalam 30 besar orang terkaya di dunia. Kemudian di tahun tahun selanjutnya berdiri juga website berbasis social media seperti facebook oleh Mark Zuckerberg, twitter oleh Jack Dorsey dan masih banyak lagi.

Internet pada masa sekarang ini sudah merupakan kebutuhan pokok, kita dapat memperoleh berbagai macam informasi, berbelanja online, online banking, online marketing, online affiliate, sosialisasi online, kuliah online, online advertising dll.

Sebagai contoh situs online banking yang sedang naik daun adalah paypal sedang situs online shopping dan online marketplaces adalah ebay dan amazon yang menjual barang dari mulai barang pecah belah sampai mobil mewah.

Tentu saja kemajuan yang begitu pesat yang semakin mewujudkan dunia tanpa batas ini sudah tercium oleh masyarakat Indonesia, banyak perusahaan berskala besar, menengah dan kecil yang ikut membangun kekuatan brand di dunia online. Promosi produk secara online memang menjadi pilihan tepat saat ini disamping biaya yang relatif murah juga karena pentingnya sosialisasi produk untuk skala global.

Bisa dikatakan dalam dekade terakhir perkembangan bisnis online di Indonesia sangat pesat, perkembangannya meliputi berbagai macam bidang usaha, tidak hanya yang disebutkan diatas tetapi juga bidang usaha lainnya. Di Indonesia sendiri banyak sekali situs yang sudah mulai go Internasional dan mempunyai jutaan member dan ribuan visitor setiap harinya.

Berbagai situs tersebut ada yang murni Online bisnis dan ada yang semi online atau bisnis offline hanya saja menggunakan pemasaran online. pemakai internet Indonesia yang besar menjadikan Indonesia Sebagai Pasar yang potensial untuk Bisnis online dari berbagai negara di seluruh dunia.

Bukti dominasi Indonesia juga ditunjukkan dengan banyaknya pengguna Indonesia dalam berbagai situs jejaring sosial seperti facebook, friensdster dan twitter. Hal inilah yang menjadikan nilai tambah Negara Indonesia dipandang dari segi Bisnis Online terutama perkembangan pesat yang terjadi 10 tahun terakhir ini.

Bagi Anda yang sudah punya memiliki bisnis sendiri marilah meng-onlinekan bisnis Anda dan dongkrak penjualan Anda melalui internet. Dan bagi Anda yang belum memiliki bisnis sendiri, Anda dapat menjadi Reseller atau yang di sebut juga sebagaui affiliate marketing.

Apa itu affiliate marketing ? Nantikan esok pada artikel Bisnis Online di Indonesia bagian kedua.

Tags: , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address