Leadership 322654818_bee37f5b1e_z

Published on February 7th, 2012 | by duniatraining

0

Keterampilan Mengelola Waktu dalam Memimpin

Menjadi pemimpin merupakan sebuah tantangan tersendiri, namun berada dalam posisi pimpinan dituntut untuk memiliki performance lebih di antara pekerjaan yang tidak sedikit. Karena itulah pentingnya manajemen waktu yang efektif dimiliki oleh setiap pemimpin.

Apakah Anda selalu mengatur waktu dan menangani segala persoalan dengan baik ? Setiap sasaran, tujuan dan deadline memerlukan penanganan waktu yang efektif. Untuk mengantisipasi berbagai masalah atau pekerjaan mendesak, terapkanlah keterampilan mengelola waktu yang efektif.

Berikut 7 keterampilan kepemimpinan yang efektif untuk mengelola waktu Anda:

  1. Mulailah.
    Setiap pekerjaan harus dilakukan dengan memulainya, kelihatannya memang sederhana. Namun hal ini penting karena terkadang kita tidak fokus terhadap apa yang akan kita kerjakan sehingga persentase untuk selesai pekerjaan semakin kecil dan semakin dekat dengan deadline.Karena itu fokuskanlah diri Anda saat memulai pekerjaan.
  2. Miliki tujuan yang jelas.
    Apa yang ada dalam benak Anda saat memikirkan tujuan? To-do list mungkin salah satu strategi yang efekltif dalam mencapai setiap tujuan Anda.Pastikan Anda memiliki ide yang tepat dan jelas mengenai Apa yang akan Anda lakukan pada hari ini.
  3. Temukan waktu produktif Anda.
    Cobalah melakukan riset kecil-kecilan mengenai kapan Anda sangat menikmati dan fokus terhadap pekerjaan Anda. Sebagian orang memiliki waktu produktif yang berbeda dengan orang lain pada umumnya.Bila pekerja kantoran diset sedemikian rupa untuk efektif dalam pekerjaan di kantor mulai dari penataan letak kantor, pencahayaan dan lingkungan kerja untuk menghadirkan kinerja yang produktif, berbeda halnya bila dibandingkan para seniman atau pekerja kreatif lainnya.Untuk orang-orang yang banyak bergelut di bidang kreatif, kadang dibutukan waktu-waktu tertentu yang menimbulkan inspirasi bagi karyanya.
  4. Menangani email atau telepon.
    Mau tidak mau kita harus memahami bahwa kita tidak mampu mengontrol datangnya e-mail atau dering telepon yang masuk. Pentingnya multi tasking dan pengaturan fokus yang pas di saat-saat yang penting terutama menjelang deadline untuk mengatur pekerjaan agar tetap terorganisir.Buatlah prioritas dan tenggat waktu untuk pekerjaan Anda, misalnya untuk melakukan laporan keuangan Anda menjadwalkan selama dua jam, sehingga Anda dapat mengetahui kapan waktunya Anda berhenti.
  5. Memecah Tugas Besar menjadi Kelompok Kelompok Kecil.
    Saat kita dihadapkan dengan tugas baru yang memiliki tanggungjawab yang cukup besar, terkadang kita merasa tidak sanggup atau terlalu berat untuk dilakukan.Percayalah, apa yang Anda pikirkan belum tentu sepenuhnya benar.Terkadang kita harus mengetahui pekerjaan dapat diselesaikan dengan pemahaman yang jelas. Pecahkanlah pekerjaan-pekerjaan sesuai prioritas dan berikanlah tanggungjawab kepada orang yang kepercayaan Anda.Dan selalu ingat untuk menggunakan kerjasama tim.
  6. Pentingnya Prioritas.
    Anda pasti dapat membedakan Antara pekerjaan yang mendesak dan pekerjaan yang penting. Analisislah setiap pekerjaan Anda.Apakah pekerjaan “A” mendesak, apakah pekerjaan “B” penting, dan apakah pekerjaan “C” mendesak dan penting. Gunakanlah list untuk mempermudah Anda dalam menyusun prioritas.
  7. Tahu Kapan harus Mengatakan Tidak.
    Terkadang kita ragu untuk membiarkan atasan kita mengetahui tentang kesibukan kita. Apabila Anda merasa pekerjaan Anda sudah overlimit, biarkan atasan Anda mengetahuinya.Paparkan berbagai alasan yang memadai untuk menunjang Anda. Kinerja yang baik adalah saat dimana kita menikmati dan dapat bertanggungjawab penuh terhadap pekerjaan Anda dan tim Anda.

Tags: , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address