Komunikasi konflik

Published on January 10th, 2013 | by duniatraining

0

6 Cara Mengatasi Konflik di Kantor

Suasana di kantor tidak selalu menyenangkan. Terkadang ada saja konflik yang terjadi antar rekan kerja yang satu dengan rekan kerja yang lainnya. Konflik yang terjadi itu bisa disebabkan karena adanya perbedaan pendapat. Konflik yang terjadi itu bisa saja dialami oleh siapapun tanpa mengenal gender, usia, bahkan level jabatan.

Terkadang, konflik yang terjadi itu mengarah pada perdebatan, emosi, atau malah perkelahian. Hal tersebut bisa mempengaruhi performa pekerjaan yang dilakukan. Berikut ini adalah tips mengahadapi konflik di kantor.

1. Menghadapinya.

Masalah atau konflik yang ada di kantor, sebaiknya harus segera Anda atasi. Jangan membiarkan masalah tersebut hingga berlarut-larut karena akan semakin sulit untuk menyelesaikannya.

2. Bicara baik-baik.

Saat menghadapi rekan kerja yang bermasalah dengan Anda, sebaiknya bicaralah dengan nada tenang, sopan, dan rasional. Anda harus fokus pada situasi dan kenyataan yang ada dan hindari gosip maupun menyerang lawan bicara. Selain itu, bicara baik-baik pada rekan kerja yang bermasalah tentunya akan menghasilkan sebuah solusi yang baik juga.

3. Menghargai pendapat.

Saat bicara baik-baik padanya dan si dia mengeluarkan pendapatnya, Anda harus bisa mendengarkannya. Berikan kesan bahwa Anda tertarik dan mau mendengarkan apa yang dikatakannya. Setelah mendengarkan pendapatnya, Anda harus bersikap senetral mungkin untuk menghindari konflik yang lebih besar dan berlanjut.

4. Bersikap tenang.

Selain menghargai pendapatnya, Anda juga disarankan untuk tetap bersikap tenang saat menghadapi rekan kerja yang bermaslalah. Anda harus memperlihatkan bahasa tubuh, ekspresi, dan nada bicara yang baik saat menghadapinya.

Tunjukkan kesan bahwa Anda mau menyelesaikan konflik tersebut secara baik-baik. Anda harus bersikap tegas, tapi tidak menyerang saat menghadapi rekan kerja yang bermasalah itu.

5. Mengajak berdamai.

Banyak orang yang mengatakan bahwa damai itu indah. Menjalani hidup damai tentunya akan membuat diri Anda merasa bahagia. Untuk itu, Anda bisa mengajak rekan kerja yang bermasalah itu untuk berdamai. Anda harus tetap fleksibel jika rekan kerja menginginkan beberapa syarat tertentu.

6. Meminta bantuan.

Jika cara di atas sudah Anda lakukan tapi kurang berhasil, maka mintalah bantuan rekan kerja lainnya. Anda bisa mulai meminta bantuan pada atasan untuk menyelesaikan konflik yang terjadi. Jelaskan permasalahan apa adanya dan jangan sampai merengek di hadapan bos. Dengan meminta bantuan kepada atasan, mungkin konflik ini akan cepat terselesaikan.

Picture: linked2leadership.com

Tags: , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address