Financial bosspic

Published on February 1st, 2013 | by duniatraining

0

Apakah Anda Seorang Boss Yang Buruk?

Memulai bisnis Anda sendiri memungkinkan Anda untuk mendapatkan kesempatan untuk mencoba berbagai eskperimen dalam meningkatkan bisnis Anda.

Namun, sayangnya banyak sekali orang yang salah berasumsi bahwa ketika mereka memulai sebuah bisnis, itu artinya mereka akhirnya bisa lari dari jam kerja kantoran 9 sampai 5 sore.

Pada kenyataannya, terlebih pada sebuah bisnis yang baru, Anda dituntut untuk memiliki jam kerja yang panjang, ibarat Anda sedang membangun sebuah rumah, banyak waktu dan usaha yang diperlukan untuk menjadikan rumah tersebut. Ketika rumah tersebut sudah selesai dibangun, barulah Anda bisa menikmati hasilnya.

Sering kali, orang yang baru memulai bisnis bekerja terlalu keras, sangat stress dan biasanya mendapatkan bayaran yang kecil. Jika ini terdengar familiar dengan Anda, ada beberapa cara Anda bisa menjadi boss yang lebih baik bagi diri Anda sendiri..

1. Investasikan Dalam Hal Yang Dapat Membantu Anda Melakukan Pekerjaan Yang Lebih Baik.

Individu yang bekerja untuk dirinya sendiri terkadang membuat pengorbanan yang tidak masuk akal hanya untuk menghemat beberapa rupiah. Sayangnya, komputer model lama dan terkadang software yang tidak mendukung malah memakan waktu Anda yang sangat berharga itu.

Jangan terlalu ketat dalam mengeluarkan pengeluaran yang dapat membantu Anda lebih produktif setiap harinya. Misalnya, ambil waktu untuk melihat apakah ada tools yang dapat membantu Anda menyelesaikan banyak hal dengan waktu lebih cepat.

2. Investasi Dalam Pendidikan.

Para pebisnis yang hebat adalah orang-orang yang selalu belajar. Jangan ragu untuk investasi dalam seminar, training, kelas, workshop dan bahkan waktu networking. Anda akan mempelajari keterampilan baru, mendapatkan pengetahuan yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda dan mendapatkan teman-teman baru yang berharga. Cari seminar-seminar yang relevan dengan industri Anda dan hadiri konferensi atau acara komersil atau bahkan hadiri kampus terdekat Anda.

3. Investasi dalam Sebuah Paket Yang Memberikan Keuntungan Tinggi.

Ketika Anda bekerja untuk diri Anda sendiri, Anda mendapatkan kebebasan dan flexibilitas tetapi Anda juga kehilangan keuntungan sebagai seorang pegawai perusahaan, ini artinya Anda harus mempersiapkan pensiun dan asuransi kesehatan Anda sendiri.

Untuk asuransi kesehatan, jangan menganggap enteng akan hal ini, anda bisa sakit kapan saja dan Anda tidak pernah bisa menebak kapan terjadinya meskipun hal ini selalu dihindari. Jam kerja yang panjang dan stress dapat menyebabkan sakit yang tidak terduga dan disitulah asuransi dapat membantu Anda melindungi Anda ketika Anda jatuh sakit.

Paling tidak, jangan sampai anggota keluarga Anda yang terkena dampaknya juga sehingga Anda harus merepotkan mereka. Jangan lupa pula untuk investasikan diri Anda dalam berbagai hal yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk masa pensiun Anda.

Properti, saham dan emas juga bisa menjadi alat investasi yang baik jikalau Anda tahu bagaimana caranya.

4. Jangan Menilai Jasa Anda Terlalu Murah.

Kebanyakan bisnis yang baru muncul menawarkan jasa mereka dengan sangat murah karena takut mereka tidak akan mendapatkan client. Mereka selalu kuatir kehilangan client ketika mereka berusaha menaikkan harga mereka. namun, Anda juga harus melihat ketika Anda membuat harga yang terlalu murah, Anda harus bekerja lebih banyak dan mendapatkan client yang lebih banyak untuk dapat bertahan dalam bisnis Anda.

Hasilnya? Anda akan lelah sekali bekerja dan tidak dapat bekerja maksimal yang akhirnya dapat membuat Anda kehilangan client Anda juga. Sesungguhnya, bisnis adalah mengenai menghasilkan uang yang Anda layak dapatkan sebagai ganti nilai yang dapat Anda berikan kepada client Anda, selama Anda melakukan pekerjaan Anda dengan baik dan memenuhi kebutuhan dari client Anda, Anda juga layak mendapatkan kompensasi yang sesuai dan bahkan menaikkan harga Anda.

Anda ingin menyimpan client yang menghargai jasa Anda dan mengurangi client yang ingin memeras segala waktu Anda namun tidak menghargai Anda dengan layak.

5. Investasi di Hal Legal dan Administratif.

Sebagai pebisnis, tentu Anda 100% bertanggung jawab atas bisnis Anda. Ini berarti tergantung Anda, dan Anda sendiri untuk memastikan bahwa bisnis Anda taat kepada hukum dan peraturannya. Anda boleh mempertimbangkan untuk memiliki sebuah CV, PT atau badan hukum lainnya untuk membuat perusahaan Anda legal. Ingat, Anda juga perlu untuk membayar pajak Anda sebagai warga negara yang baik.

6. Berikan Penghargaan Kepada Diri Anda Sendiri

Pastikan Anda menghargai diri Anda sendiri ketika Anda memiliki moment-moment yang baik, seperti berhasil mendapatkan client baru atau berhasil memenuhi sebuah deadline yang sulit, penghargaan dapat berupa apapun, bisa jadi dengan sebuah berlibur selama 1 hari tanpa komputer ataupun handphone Anda.

Menjalankan sebuah bisnis  tidaklah mudah dan hargai diri Anda dalam setiap kesuksesan yang Anda capai. Setidaknya, Anda tidak memiliki seorang boss yang menghargai pekerjaan Anda sehingga hal ini menjadi tergantung Anda untuk membuat Anda menjadi tetap semangat dan terinspirasi.

Photo Credit: tim caynes

Tags: , , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address