Komunikasi publicspeaking

Published on February 5th, 2013 | by duniatraining

0

3 Langkah Sederhana Untuk Memiliki Rasa Percaya Diri Yang Tinggi

Koneksi antara rasa percaya diri kita dan apa yang kita dapatkan dalam kehidupan kita sangatlah krusial. Ini adalah fondasi dari kepercayaan diri kita dan interaksi dengan diri kita sendiri dan dunia luar.

Memiliki percaya diri memerankan peran yang penting dalam mood kita, kepercayaan dan sikap, dan kualitas dari hubungan yang kita miliki di hidup kita.Kebanyakan diantara kita, kita melakukan usaha yang besar untuk meningkatkan kualitas diri, merasa lebih baik dan menjadi orang yang lebih baik.

Mengerti apa yang kita dapat lakukan untuk mengatasi gejala kepercayaan diri rendah adalah sebuah cara yang baik untuk meningkatkan rasa positif di dalam hidup kita. Umumnya, kebanyakan dari kita menghadapi problem yang sama dan akibat yang datang darinya. Bagian yang hebat adalah ini dapat ditaklukkan dengan usaha yang sangat kecil.

Di bawah ini adalah langkah-langkah praktis yang dapat diimplementasikan oleh individu yang telah dewasa untuk meningkatkan percaya diri mereka:

1. Identifikasikan masalahnya.

Untuk merasa lebih baik tentang diri kita sendiri, kita harus menjadi orang yang lebih baik. Tempat pertama yang perlu Anda cari adalah di dalam diri. Apakah Anda adalah sumber masalah kepercayaan diri Anda sendiri?

Seringkali dalam kasus ini, bisa jadi sumbernya berasal dari luar (ban mobil kempes, keluarga, istri, dll) dapat menjadi penyebabnya. Apa itu internal atau eksternal, “kenapa” bukanlah sebuah bagian yang paling penting dalam langkah ini. Mengetahui dan menerima bahwa ada sebuah kekhawatiran dan area dari hidup kita yang dapat ditingkatkan.

Ketika kita menyadari bahwa apa yang perlu dirubah, kita kemudian dapat menciptakan dan menjalani sebuah rencana untuk menjalankan dan mengambil sebuah langkah yang tepat. Jikalau problem terjadi pada eksternal, kita harus menghadapinya dan bekerja untuk memindahkannya ke dalam resolusi yang lebih menguntungkan.

2. Mengatur Pikiran.

Pikiran kita adalah gerbang dari perasaan dan emosi kita. Sebagai tambahan dari mengidentifikasi isu-isu yang kita hadapi setiap harinya, kita ingin untuk dapat mengidentifikasikan pikiran kita sendiri tentang mereka.

Kita lakukan ini dengan cara menyimpan jejak dari apa yang menghalangi kita dari potensi maksimal kita. Self-talk yang menyakitkan seperti “Saya tidak cukup baik” atau “Saya tidak akan pernah dapat” adalah sebuah tanda dari sebuah kepercayaan diri yang rendah. Mulai mengenal dan mulai mencatat bagaimana Anda berpikir dan berbicara terhadap diri Anda sendiri.

Ini dapat menjadi sedikit sulit karena pikiran kita adalah otomatis dan terbentuk dari berbagai kejadian dan lainnya. Beberapa diantara kita mungkin secara internal melukai diri kita sendiri sebegitu lamanya sehingga self-talk yang menghancurkan telah berubah menjadi sebuah kepercayaan yang mendasar.

Bahkan ketika kita dalam keadaan ekstrim, ketika kita monitor pikiran kita kita sekarang dapat mengatur mereka dalam sebuah cara yang lebih efisian. Sebuah kesalahan yang sering terjadi adalah menerima pemikiran negatif kita, ketakutan sebagai sebuah realita – ketika kebanyakan adalah persepsi yang salah.

3. Tantang Diri Anda.

Pikirkan untuk menantang diri Anda dalam cara yang berbeda dan tentukan tujuan yang lebih sulit atau mencoba sesuatu yang baru. Latihan untuk menghadapi ketakutan Anda, keraguan dan pikiran yang membatasi Anda. Ketika Anda melakukan ini dengan konsisten, kita mulai membentuk kebiasaan baru yang memupuk pikiran positif dan persepsi yang logis.

“Saya tidak bisa” segera menjadi “Saya sedang mencoba untuk” dan ada perbedaan yang besar antara kedua mindset tersebut.

Ingat bahwa sangatlah tidak apa-apa untuk mengalami pengalaman buruk atau keadaan yang negatif. Mereka tidak dapat dihindari dan bagian dari hidup. Tetapi dengan berulang kali menantang perspektif kita, daripada terkonsumsi oleh mereka, kita dapat mengaturnya untuk mengatasi dan berpindah dari kesulitan menjadi lebih efisien.

Juga, gunakan cara tradisional untuk menantang diri Anda sendiri. Kemenangan dan keberhasilan menyebar seperti api dalam hubungannya dengan kepercayaan diri.Ketika kita mencapai titik baru dan berhasil mencapai target, hidup kita akan lebih kaya dalam cara yang baru.

Bagaimana dengan diri Anda? Apakah kepercayaan diri Anda berpengaruh kepada pencapaian Anda atau bisnis Anda? Tuliskan komentar Anda di bawah.

Photo Credit: Brisbane City Council

Tags: , , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address