Productivity worknight

Published on February 6th, 2013 | by duniatraining

0

Bagaimana Bekerja Malam Yang Efektif

Bangun pagi tentu saja memiliki keuntungan sendiri, tetapi ini tidak untuk semua orang. Beberapa pemikir hebat dunia (Voltaire contohnya) terkenal akan hal ini. Tergantung karakter, lingkungan dan jadwal kerja, bangun pagi tidak selalu praktis.

Bagi seseorang yang memang aktif bekerja dalam waktu malam dan karena sudah terbiasa, otak menjadi lebih aktif pada waktu malam hari dan sulit untuk dipaksa tidur sampai pada pagi hari.

Memaksa bangun pagi bagi orang-orang yang sudah terbiasa bekerja pada malam hari dapat membuat lelah. Jadwal tidur bergantung dari banyak faktor dan dapat berubah, tetapi sangat penting untuk mengetahui apa yang bekerja untuk Anda. Untungnya, bagi Anda yang tidak cocok untuk bangun pagi dapat juga menjadi sama produktifnya dengan memanfaatkan jam-jam sunyi pada malam hari.

Bangun siang tidak selalu bermanfaat. Ini juga memiliki hal yang negatif karena, jikalau di atur secara buruk, tidur yang berlebihan dapat menimbulkan rasa grogi dan hari-hari yang tidak produktif.

Ini adalah strategi-strategi agar Anda tetap bisa produktif:

1. Jangan tidur kebanyakan.

Godaan terbesar untuk bangun siang adalah kebanyakan tidur. Terlalu banyak tidur adalah hal yang buruk. Bukan hanya Anda merasa lebih baik, ini dapat membuat Anda merasa lelah. Memiliki waktu bangun tidur yang regular sama pentingnya bagi para pekerja malam dengan orang yang suka bangun pagi. Jikalau Anda tidak menetapkan sebuah jadwal, Anda akan kesulitan untuk menjadi produktif.

2. Jangan tidur terlalu malam.

Sama halnya dengan diatas, bangun tidur kesiangan sangat baik jikalau diatur dengan tepat. Tidur sampai tengah siang bolong dapat merusak keseluruhan hari Anda. Ini akan mengacaukan jam biologis Anda, membuat mental Anda menjadi kurang stabil, dan membuat Anda lebih sulit untuk tidur pada waktu yang tepat keesokan malamnya. Waktu yang ideal untuk bangun adalah sekitar jam 8 – 10 pagi. Ini memberikan Anda kesempatan untuk tidur sekitar 6-8 jam tanpa kuatir tidur terlalu banyak atau kehilangan banyak waktu untuk 1 hari.

3. Tentukan Waktu Berhenti.

Tantangan untuk menjadi produktif pada malam hari adalah sulit untuk rileks. Ini dapat membawa Anda tidur sangat malam dan mengacaukan jadwal Anda. Cara untuk mengatasinya adalah untuk menset waktu berhenti. Lakukan waktu berhenti kerja 1 jam sebelum waktu tidur Anda, biasanya sekitar 11:00-11:30. Setelah waktu berhenti, stop bekerja dan rileks. Tukar kondisi mental Anda menjadi relax seperti melakukan bacaan ringan.

Hindari televisi dan komputer secara total. Terang yang muncul dari layar dapat membuat otak Anda berpikir bahwa masih siang. Meskipun akan ada malam-malam dimana Anda harus mengejar deadline dan memaksa kreativitas Anda sampai jam 3-4 pagi, lebih baik jadikan ini sebuah kondisi khusus.

4. Jadwalkan di waktu siklus energi Anda.

Untuk memaksimalkan produktifitas, sangat penting untuk memanfaatkan waktu natural dari siklus energi Anda. Bangun siang sangat baik bagi orang-orang yang bekerja efektif di malam hari. Dalam kasus ini, Anda harus membuat sebuah jadwal yang membuat Anda bekerja malam hari.

Setelah bangun tidur sekitar 8-9 pagi, makan sarapan dan bekerja lagi sekitar 3-4 jam.Tetapi biasanya siang hari energi Anda telah terkuras dan Anda bisa mengganti pekerjaan Anda yang kreatif menjadi tugas-tugas yang lebih mudah seperti membalas email, membaca berita dan melakukan tugas rumah. Sekitar jam 8 malam, Anda akan menemukan energi kembali dan bekerja lagi sampai waktu berhenti Anda sekitar jam 11 malam.

Meskipun hal ini sulit dilakukan dalam pekerjaan kantoran 9-5 sore, Anda mungkin dapat menemukan cara untuk memanfaatkan energi penuh Anda dengan bekerja dari rumah atau mengerjakan proyek tambahan Anda.

5. Manfaatkan malam yang bebas gangguan.

Orang-orang yang suka bangun pagi selalu berbicara mengenai produktifitas tinggi pada waktu pagi hari ketika Anda belum bangun. Orang-orang yang bangun siang memiliki keunggulan yang berbalik. Dengan bekerja pada waktu malam, Anda dapat menghindari gangguan meeting, email dan gangguan lain.

Malam adalah waktu dimana Anda dapat bekerja bebas dari gangguan dunia luar dan tenggelam dalam diri mengerjakan pekerjaan yang menguras mental. Beberapa orang tidak dapat konsentrasi bekerja malam hari, tetapi bagi sebagian orang ini adalah waktu terbaik untuk bekerja tanpa gangguan.

Ini adalah tentang menemukan hal yang terbaik bagi diri Anda. Sebagai orang yang suka bekerja malam hari, terkadang bangun pagi menjadi problem yang tinggi. Semakin Anda tua dan situasi berubah, bisa saja jam tidur Anda berubah dan Anda bisa bangun pagi pada waktu jam 5 pagi. Sampai waktu tersebut, Anda dapat tetap bekerja malam hari dengan efektif.

Photo Credit: Adam

Tags: , , , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address