Productivity time

Published on February 7th, 2013 | by duniatraining

0

3 Cara Untuk Meningkatan Investasi Waktu Anda

Return on Investment (ROI)

adalah sebuah istilah yang sudah sering kita dengarkan, biasanya dalam relasi dengan bisnis dan keuangan. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan imbal balik dari investasi uang yang Anda lakukan. Implikasi dari konsep ini jikalau Anda telusuri lebih lanjut sesungguhnya adalah lebih kepada investasi waktu Anda dibandingkan uang Anda.

Segala hal yang Anda lakukan adalah investasi waktu. Ketika nonton TV, Anda melakukan investasi di hiburan. Ketika Anda melihat sebuah pertunjukan yang buruk, Anda melakukan investasi waktu yang buruk. Dalam banyak hal, waktu lebih berharga dibandingkan uang.

Anda akan selalu memiliki kesempatan untuk menghasilkan uang lebih banyak, tetapi ketika waktu Anda sudah di habiskan, ini akan hilang selamanya. Ketika Anda menghitung waktu sebagai sebuah komoditas, dan semua aksi Anda sebagai sebuah investasi, ini akan mengubah cara Anda dalam mengambil keputusan.

Kita menghabiskan waktu dalam banyak hal: bekerja, makan, tidur, latihan, hiburan dan lain sebagainya. Semua hal ini adalah penting. Ketika kita mulai investasi terlalu berat dalam sebuah area dan tidak cukup dalam lainnya, kita menciptakan masalah bagi diri kita sendiri. Kuncinya adalah investasi waktu kita secara imbang dalam semua area ini dan membentuk sebuah kehidupan yang produktif dan menyenangkan.

Menentukan bagaimana kita harus menginvestasikan waktu kita adalah sebuah tugas yang cukup sulit. Tidak seperti bisnis, tidak ada ukuran yang tepat sebagai referensi. Kita harus mengandalkan pengalaman dan intuisi kita. Ada beberapa pegangan yang dapat Anda gunakan dalam menentukan pilihan Anda.

1. Cari yang paling banyak positifnya.

Banyak positif adalah sebuah kegiatan yang menghasilkan nilai balik yang positif yang lebih dari satu area. Ini adalah ROI yang bagus karena mereka memberikan pengembalian yang banyak dan kerugian yang sedikit. Setiap orang memiliki kegiatan banyak positif yang berbeda, yang terpenting adalah mencari yang terbaik dan bekerja bagi diri Anda.

Banyak positif bagi seorang pebisnis bisa jadi adalah mencari client baru. Ini dapat menjadi sesimple seperti bermain basket, olahraga yang Anda inginkan. Kuncinya adalah sebuah kegiatan yang saling mendukung banyak area.

Jikalau Anda bisa dibayar sambil mengerjakan hobi Anda, ini adalah sesuatu yang sempurna.

2. Hindari Negatif yang banyak.

Banyak negatif adalah sama halnya dengan banyak positif, kecuali berkebalikan. Ini adalah kegiatan yang mengurangi beberapa area dari hidup. Salah satunya adalah pergi jalan-jalan tanpa tujuan pasti.

Ini melukai Anda dalam banyak hal: waktu yang tidak produktif dan membuang uang jikalau akhirnya Anda belanja hal yang sebetulnya tidak Anda perlukan.

Saya tidak berkata bahwa Anda tidak boleh keluar dan menikmati waktu Anda. Anda membutuhkan sosialisasi dan waktu berkualitas bersama keluarga untuk jadi bahagia. Intinya adalah Anda harus meminimalisir hasil yang negatif atas aksi Anda. Pertimbangkan hal ini dulu sebelum Anda memutuskan untuk melakukannya.

3. Memanfaatkan kekuatan dari bunga berbunga.

Saya yakin setiap orang yang membaca ini mengerti kekuatan dari bunga berbunga. Ketika Anda investasi uang, Anda akan mendapatkan bunga. Lalu Anda mendapatkan bunga dari uang yang Anda peroleh dari bunga. Jalankan ini selama beberapa tahun dan ini akan menghasilkan uang yang cukup banyak bagi Anda. Jikalau Anda investasi waktu dengan bekerja keras ketika Anda muda, Anda meletakkan diri Anda dalam sebuah posisi untuk sukses yang akan terus bertumbuh sampai akhir hidup Anda.

Jikalau Anda menghabiskan waktu Anda ketika Anda masih muda, Anda tidak dapat mengantikanya kemudian karena Anda sudah kehilangan kesempatan untuk memanfaatkan kekuatan bunga berbunga.Banyak orang gagal dalam menyadari hal ini.

Alasan utamanya adalah kita sering terjebak dalam mindset anak kecil kita. Sebagai seorang anak kecil, kewajiban Anda adalah bersenang-senang. Anda tidak perlu kuatir tentang  menghabiskan waktu Anda karena ayah dan ibu Anda akan ada disana untuk menjaga Anda dan biasanya mereka akan bahagia selama Anda menghindari masalah. Pada waktu ini, banyak anak muda yang terjebak dalam mindset anak kecil ini sampai mereka lulus kuliah. Ketika sudah lulus kuliah, kita diharapkan untuk mengadopsi mindset dari orang dewasa (dan memiliki tanggung jawab dalam menginvestasi waktu kita) secara instan.

Banyak orang tidak mengerti akan hal ini, dan setiap tahun mereka akan menghabiskan waktu mereka untuk berusaha memperpanjang masa-masa kuliah mereka.Banyak orang berpikir waktu mereka tidak berharga ketika mereka tidak bekerja, jadi mereka membuangnya dalam aktivitas yang memiliki investasi imbal balik yang rendah dan tidak membangun masa depan mereka.

Sesungguhnya, tidak ada orang lain yang menganggap waktu Anda berharga sampai Anda sendiri melakukannya. Jikalau Anda ingin mencapai kesuksesan yang dapat memberikan kebebasan untuk menjalankan hidup sesuai dengan gaya hidup Anda, setiap keputusan Anda penting sebagai sebuah investasi. Tidak ada sebuah keputusan yang tidak penting.

Satu model mental yang dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik adalah dengan mengimajinasikan hidup Anda sebagai sebuah perusahaan dan Anda adalah satu-satunya karyawan. Jikalau Anda adalah seorang CEO dari perusahaan Anda, dan Anda memiliki kewajiban untuk memaksimalkan profit dari investor Anda, apa yang akan Anda lakukan?

Anda akan menemukan analisis ini mempermudah keputusan Anda dan meningkatkan imbal baik investasi Anda.

Photo Credit: ToniVC

Tags: , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address