Motivasi happykid

Published on February 20th, 2013 | by duniatraining

0

Apa Itu Kebahagiaan?

Aristotles berkata “kebahagiaan adalah arti dan tujuan hidup, target keseluruhan dan akhir dari keberadaan manusia.” Tentu, semua orang ingin menjadi bahagia. Namun, apa sih bahagia itu sesungguhnya?

Apakah kebahagiaan berarti sesuatu yang berbeda untuk setiap orang diantara kita, atau ada sebuah kesamaan?

Menurut para psikolog, kebahagiaan datang dari sejumlah momen positif dan negatif yang kita alami.

Apakah sebuah momen itu positif atau negatif tergantung dari apa yang kita rasakan. Jadi, contohnya, jikalau Anda merasa rileks, senang, girang, atau damai, maka Anda sedang mengalami sebuah momen yang positif. Sebaliknya, jikalau Anda merasa bosan, marah, terganggu, maka Anda sedang mengalami momen negatif.

Tingkat kepuasan kita dalam hidup, atau “skor kebahagiaan” adalah jumlah dari momen positif yang kita alami di bagi dengan jumlah moment negatif. Jadi semakin sering kita mengalami emosi yang positif, semakin bahagia kita.

Apa yang dimaksud ini semua, dan apa yang dapat kita pelajari dari sini untuk meningkatkan kualitas hidup kita?

1. Kebahagiaan adalah menghargai emosi kita

Hal pertama yang muncul adalah pentingnya emosi kita. Ilmuan mengatakan kepada kita bahwa ketika berbicara tentang kebahagiaan, apa yang Anda rasakan adalah yang penting.

Ini melawan apa yang masyarakat ajarkan kepada kita. Kita diajarkan bahwa memiliki status dan material dapat membuat kita menjadi bahagia.

Dan ketika berhubungan dengan emosi, biasanya, masyarakat kita sepertinya menolak keberadaan mereka, apalagi menyadari pentingnya mereka. Kita diajarkan untuk menyembunyikan emosi kita, sampai kita tidak lagi tahu apa itu mereka!

Jikalau Anda ingin bahagia, hal pertama yang Anda perlu lakukan adalah perlu memperhatikan emosi Anda. Ini tidaklah sulit: hanya coba untuk memperhatikan apa yang Anda rasakan pada beberapa titik di hari Anda.

Ketika Anda melatih kesadaran Anda, jangan mencoba untuk mengubah atau mengontrol emosi Anda dengan cara apapun. Semua yang Anda butuhkan untuk lakukan adalah untuk menyadari apakah itu mereka dan mengakui mereka.

Setelah beberapa saat, Anda dapat mulai belajar dari emosi Anda. Jikalau Anda cenderung merasa baik di sekitar beberapa orang atau ketika melakukan aktifitas tertentu, maka izinkan hal tersebut lebih banyak dalam hidup Anda. Di sisi lainnya, jikalau aktifitas tertentu atau orang cenderung membuat Anda merasa buruk, maka ini adalah sebuah sinyal bahwa mereka menjauhkan Anda dari kebahagiaan Anda.

2. Kebahagiaan adalah Mencintai Pekerjaan Anda

Kita menghabiskan banyak waktu bekerja. Belum lagi waktu kita untuk berkumpul bersama teman, dan waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan tenaga kita setelah bekerja, dan biasanya hampir tidak ada waktu lagi tersisa.

Ketika kita tidak menyukai pekerjaan kita, kita mengumpulkan begitu banyak momen kebosanan dan frustasi dan itu menjadi hampir mustahil untuk memindahkan keseimbangan menuju ke arah kita. Hal ini menjadi sangat sulit untuk menjaga rasio positif yang tinggi ke momen negatif ketika kita menghabiskan waktu kita tidak menyukai hal yang kita lakukan.

Namun, tidak menyukai pekerjaan kita adalah hal yang terlalu biasa. Sekitar 80% orang tidak menyukainya!

Jikalau Anda berada diantara 80% tersebut, jangan putus asa. Masih ada harapan.

Terkadang, kita merasa bahwa sudah terlalu terlambat untuk bermimpi sebuah mimpi yang baru atau merencanakan hidup yang baru. Tetapi pikirkan tentang berapa banyak waktu yang masih ada di depan Anda!

Jikalau Anda mulai sekarang, dan kemudian setahun dari sekarang, Anda akan jauh lebih maju.

Percaya kepada diri Anda sendiri, dan percaya akan keinginan Anda. Mimpi Anda berada di tangan Anda sendiri, dan kejarlah mimpi Anda!

3. Kebahagiaan adalah sebuah hubungan yang baik

Tidak hanya hubungan kita mengambil waktu yang cukup banyak dari diri kita, tetapi mereka juga mempengaruhi emosi kita – bahkan ketika kita tidak berada di sekitar pasangan kita! Oleh karena itu, ketika berhubungan dengan kebahagiaan, hubungan kita berada di kursi yang terdepan.

Jikalau Anda saat ini belum memiliki pasangan, pilih seorang pasangan yang dapat membawa momen positif ke dalam kehidupan Anda dan sedikit momen yang tidak baik. Perhatikan baik-baik apa yang Anda rasakan kepada calon pasangan Anda, dan pilih seseorang yang secara konsisten membuat Anda merasa baik.

Jikalau Anda sudah berada dalam sebuah hubungan, ketahui bahwa investasi yang Anda lakukan dalam hubungan Anda, adalah juga investasi kepada kebahagiaan Anda sendiri. Adalah tidak mungkin untuk menghindari semua masalah beberapa situasi tidak dapat terhindarkan dalam hubungan jangka panjang. Ketika problem datang jangan tidak memperdulikan mereka. Cari solusi terhadap kesulitan hubungan Anda, sehingga hubungan Anda dapat menjadi sekali lagi berkontribusi terhadap kebahagiaan Anda secara keseluruhan.

Dan ketika dalam waktu yang baik, syukuri hubungan Anda. Ini akan membawa lebih banyak kebahagiaan ke dalam hidup Anda lebih daripada yang Anda sadari.

Jikalau Anda menyukai artikel diatas, like dan share kepada teman-teman Anda.

Photo Credit: ToniVC

Tags: , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address