Motivasi 2675676767_8f6981437f_z

Published on February 13th, 2012 | by duniatraining

0

Pentingnya Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Hari-hari sibuk Anda begitu banyak menyedot perhatian dan waktu Anda, pekerjaan yang harus diselesaikan, mengejar impian atau target yang penuh tekanan untuk diwujudkan mau tidak mau mempengaruhi cara Anda mengambil keputusan atas waktu Anda.

Pernahkan Anda berpikir untuk membuat waktu untuk diri Anda sendiri ? Kita semua membutuhkan waktu untuk beristirahat dan mengisi kembali energi kita, tidak hanya energi berupa tenaga namun juga kreativitas, pikiran yang lebih tenang dan pemikiran-pemikiran positif lainnya yang dapat mewarnai hari Anda.

Aturlah beberapa jam waktu Anda dalam sehari untuk diri Anda sendiri. Berikut beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda untuk kualitas diri yang lebih baik.

  1. Perhatian lebih untuk kesehatan Anda.
    Kesehatan Anda begitu berharga, semua orang setuju bahwa kesehatan merupakan investasi yang sangat menguntungkan. Dengan memiliki tubuh yang fit, Anda dapat melakukan berbagai hal dengan sangat maksimal.Namun terkadang banyak orang hanya berpikir bahwa kesehatan hanya tentang menjaga fisik dari berbagai penyakit, sesungguhnya kesehatan memiliki aspek lain dan tidak hanya melulu tentang menjaga fisik dengan berolahraga, diantaranya adalah jiwa dan pikiran.
  2. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.
    Tubuh yang sehat juga hendaknya didukung dengan jiwa yang sehat pula, sehingga mampu untuk berpikir rasional dan tepat dalam mengambil keputusan. Begitupun pikiran mengambil andil yang cukup penting untuk kita, pengetahuan, wawasan baru sangat penting untuk kita dalam mengambil berbagai keputusan penting.Anda dapat menjaga kesehatan dengan melakukan hal hal berikut:
    Tubuh : Berolahraga jogging selama 30 menit tiga kali seminggu
    Jiwa : Beribadah dan mendekatkan diri kepada sang maha pencipta
    Pikiran : Membaca berbagai literatur dan menambah wawasan baru dengan bertukar pikiran
  3. Luangkan waktu untuk bernafas dan berpikir.
    Di antara kesibukan-kesibukan Anda tiap hari, pernahkan Anda merasa seperti sedang berlari di treadmill?, saat Anda menambah kecepatan berlari masalahpun datang lebih cepat lagi. Kini saatnya Anda berhenti sejenak untuk menyusun strategi.Mungkin kini Anda sedang berjuang dengan keputusan tertentu, seperti pilihan karier yang akan Anda ambil, melanjutkan pendidikan atau keputusan-keputusan penting lainnya. Saat inilah Anda membutuhkan waktu untuk bernafas dan berpikir, tundalah terlebih dahulu pengambilan keputusan untuk menenangkan diri dan berpikir tentang resiko, tanggungjawab dan kesempatan yang akan Anda temui.Anda dapat meluangkan waktu untuk diri Anda seperti bersantai di coffee shop selama beberapa jam, berjalan-jalan di pedesaan yang asri, berlibur di akhir pekan hanya untuk menyendiri dan memberi hadiah kepada diri Anda.
  4. Anda begitu berharga.
    Terkadang kita sering mengutamakan orang lain untuk berbagai alasan, diantaranya seperti saat kita meyakini bahwa mereka lebih membutuhkan atau lebih penting. Dan kita merasa berkorban atas diri kita sendiri dan meremehkan kebutuhan kita sendiri karena kita membantu mereka.Untuk beberapa kondisi tertentu hal-hal tersebut memang layak dan benar dilakukan, namun apabila Anda merasa hal tersebut anda lakukan dalam frekuensi yang cukup sering, Anda patut untuk mengevaluasi perasaan Anda terhadap kepentingan orang lain.Anda perlu mengetahui antara kebutuhan dan keinginan Anda. Berikut beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:
    -Tulislah jurnal selama 5 menit setiap hari, cobalah menemukan pola dari keseharian Anda.
    – Buat daftar tujuan yang ingin Anda capai selama 1, 3 sampai 5 tahun mendatang
    – Ikut serta dalam berbagai kegiatan baik secara online ataupun offline dengan hobi atau dengan tujuan khusus tertentu yang konstruktif.

Tags: , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address