Motivasi 10639_wpm_lowres(1)

Published on February 14th, 2012 | by duniatraining

0

Merencanakan Keuangan untuk Berlibur

Waktu liburan adalah saat-saat yang selalu dinantikan semua orang, terlepas dari rutinitas sehari-hari, kembali menemukan inspirasi atau mencari petualangan dan hal baru untuk dinikmati. Baik bersama teman-teman, keluarga maupun sendiri, memiliki waktu istimewa saat liburan sangatlah berarti.

Tidak jarang banyak orang yang menghabiskan waktu liburannya di tempat-tempat yang istimewa, mungkin pantai yang eksotis, pegunungan yang tenang atau ke tempat baru yang belum pernah didatangi.

Bagi Anda yang suka mengunjungi tempat favorit untuk berlibur, berikut tips perencanaan keuangan untuk mewujudkan liburan indah Anda yang tidak akan Anda lupakan.

    1. Tabungan.
      Liburan memang membutuhkan anggaran khusus yang dapat menguras tabungan Anda. Direncanakan dengan bijak dan pasti, Anda akan mendapatkan hasil yang sepadan dengan kerja keras Anda. Pilihlah kapan dan dimana Anda akan menghabiskan liburan Anda, sisihkanlah minimal 10% dari penghasilan Anda untuk liburan.Jangan lupa cari tahu informasi detail tentang akomodasi dan biaya penginapan saat liburan agar Anda dapat merencanakan liburan Anda dengan lebih pasti. Keinginan untuk menggunakan uang simpanan liburan Anda pasti ada, namun selalu ingat dan bayangkan liburan impian Anda menjadi kenyataan.Dengan selalu mengingatnya, Anda akan lebih konsisten untuk menabung khusus untuk biaya liburan Anda.
    2. Buatlah Anggaran.
      Saat berlibur pasti Anda akan banyak mengeluarkan biaya, baik untuk kebutuhan yang penting, mendesak maupun hanya sekedar untuk kenang-kenangan. Buatlah anggaran yang detail untuk keuangan Anda saat di lokasi liburan.Apabila Anda memiliki pengalaman ke tempat yang sama sebelumnya, Anda dapat memperkirakan apa saja yang Anda benar-benar butuhkan. Anggaran Anda sebaiknya tepat, karena apabila Anda membuat Anggaran yang terlalu tinggi mungkin Anda akan menghabiskan sebagian besar simpanan Anda, begitu pula apabila terlalu rendah ada kemungkinan Anda akan kesulitan dan menggunakan kartu kredit Anda yang menghabiskan lebih banyak biaya.Pastikan informasi yang jelas tentang tujuan ada kan kumpulkan detail-detail yang membuat Anda lebih nyaman saat berlibur.
    3. Kartu Kredit.
      Rencanakan kartu kredit hanya untuk berjaga-jaga. Kita tidak pernah tahu apa kejutan yang akan kita temui saat berlibur, ada baiknya kita memiliki kartu kredit dan mengunakannya hanya untuk keadaan darurat.Selalu berhati-hati saat menggunakan dan menyimpan kartu kredit, sebaiknya di letakkan di kamar hotel dan bawalah jumlah uang yang wajar sesuai kebutuhan Anda saat harus bepergian saat liburan.
    4. Promosi.
      Saat ini berbagai promosi paket liburan, hotel, biaya akomodasi sering kita jumpai, dengan dukungan teknologi dan internet, informasi tentang promosi dapat lebih cepat dan mudah didapatkan.Pastikan promosi yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda serta perhatikan ketentuan-ketentuan khusus untuk mendapatkan promosi tersebut.Apabila promosi yang ada belum sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan sungkan untuk menghubungi travel agen dan tanyakan promosi yang ada dan jangan lupa untuk menegosiasikan harga perjalanan Anda, apabila dapat lebih rendah, kenapa tidak.

Tags: , , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address