Komunikasi 5472214592_b04221267c_z

Published on February 15th, 2012 | by duniatraining

0

10 Strategi Meroketkan Kemampuan Komunikasi

Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi sangat dibutuhkan bagi setiap orang, baik dalam ruang lingkup bisnis maupun pribadi. Namun tidak semua orang memahami pentingnya kemampuan komunikasi yang efektif, sehingga pesan yang disampaikan kurang jelas diterima oleh lawan komunikasi kita.

Padahal dengan kemampuan komunikasi yang efektif, kita dapat meminimalkan kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi secara tidak sengaja pada saat komunikasi sedang berlangsung, seperti salah paham, pesan yang tidak jelas atau asumsi terhadap suatu hal.

Berikut 10 strategi untuk meroketkan kemampuan komunikasi Anda sehingga Anda dapat meraih kesuksesan melalui komunikasi yang baik dan menghindari kesalahan-kesalahan dalam berkomunikasi.

    1. Penarik Perhatian.
      Komunikasi secara masal membutuhkan perhatian khusus oleh penerimanya, begitu pula terhadap orang yang menyampaikan informasi. Sebagai orang yang memberi informasi hendaknya saat berkomunikasi untuk massa yang banyak, kita memiliki kemampuan untuk merebut perhatian banyak orang.Dalam bisnis maupun personal, kita membutuhkan cara yang tepat dalam menyampaikan pesan secara masal, dengan sebelumnya memastikan proses komunikasi secara formal, mengkondisikan proses komunikasi dua arah sehingga pesan dapat tersampaikan dengan jelas.
    2. Kata “Saya” yang Proporsional.
      Menggunakan kata “Saya” secara tempat akan memberikan efek yang positif terhadap komunikasi Anda. Kata “Saya” dapat digunakan untuk pemberdayaan, mendengarkan secara aktif, dan akuntabilitas.Jangan ragu menggunakan kalimat menambahkan kata “Saya” untuk kepastian dalam menyatakan kalimat Anda, seperti “Saya yang bertanggung jawab atas hal ini”, “Saya butuh bantuan” atau “Apakah Saya benar?”
    3. Emosi dalam Komunikasi.
      Dalam menyampaikan pesan, hendaknya kita memahami emosi yang sedang dialami oleh lawan bicara kita, begitu juga sebaiknya Anda sedang dalam emosi yang kondusif untuk menerima dan menyampaikan pesan.Dengan mengetahui emosi yang ada, kita akan lebih mudah mengambil keputusan cara seperti apa dan media mana yang tepat untuk menyampaikan pesan yang akan kita sampaikan.
    4. Komunikasi dan Informasi.
      Informasi tidak akan pernah terpisahkan dalam proses komunikasi, namun kualitas informasi akan mempengaruhi komunikasi yang ada. Penting atau tidaknya informasi akan membangun komunikasi menjadi lebih intens, bagitupun untuk bisnis.Media massa dan teknologi menempatkan informasi menjadi komoditas yang mudah untuk di akses, telepon, situs jejaring sosial maupun portal online telah memberikan kesempatan penyampaian informasi secara terbuka.
    5. HOT dalam berkomunikasi.
      Dalam berkomunikasi perlu tiga elemen yang harus diperhatikan “Honest” atau kejujuran, “Open” atau keterbukaan dan “Two Way”. Dalam bisnis dan penulisan blog, pendekatan HOT sangat efektif agar komunikasi yang berjalan dapat efektif dan kuat.
    6. Hindari Ejekan.
      Hal-hal yang tidak kita inginkan seringkali datang tak terduga di saat saat yang kurang tepat, sebagai pribadi yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kita perlu mengetahui dan memiliki pengendalian terhadap hal negatif yang mungkin akan terjadi saat komunikasi sedang berlangsung.Kritik, salah paham ataupun asumsi seringkali menjadi kendala dalam berkomunikasi, begitu juga ejekan. Dengan memiliki pemahaman yang baik, kita hendaknya mampu mengelola kritik atau menerima kritik yang disampaikan, memastikan tidak adanya kesalahpahaman dalam berkomunikasi dan menghindari asumsi dengan menanyakan lebih jelas tentang informasi pendukung informasi serta menghindari ejekan.
    7. Hubungan Personal.
      Hubungan profesional, persahabatan, orang tua bahkan public figure memiliki pengaruh dalam berkomunikasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa melalui hubungan yang bak antara kedua belah pihak akan menimbulkan komunikasi yang saling mengerti satu sama lain.Kita tidak segan untuk mendengarkan atau bila memiliki kesempatan untuk berbincang dengan tokoh yang kita sukai, begitupun akan berbeda bila Anda berkomunikasi dengan seseorang secara pribadi ataupun secara profesional.Hubungan baik adalah ikatan yang akan menyatukan dan mengkondisikan penyampaian pesan menjadi lebih efektif.
    8. Keaslian Tak Ternilai Harganya.
      Menjadi sebuah nilai umum bahwa perusahaan dan para profesional yang menjunjung tinggi keaslian informasi dalam komunikasi. Apabila kita selalu memberikan informasi yang sesungguhnya dan berkomunikasi secara lengkap dalam berkomunikasi kita akan lebih memahami dan terhindar dari kekeliruan.
    9. Cepatnya Arus Informasi.
      Harus diakui bahwa arus informasi kini sangat cepat, berbagai media komunikasi dapat membantu mempercepat komunikasi, situs jejaring sisial, pidato, posting di blog serta catatan tangan.Begitupun kendala berbahasa telah dapat ditangani dengan teknologi sehingga informasi dapat di mengerti siapapun dan di berbagai belahan dunia manapun.
    10. Komunikasi Kreatif.
      Dengan media komunikasi yang semakin interaktif, kita selalu dituntut cepat dan penuh inisiatif. Kemudahan dalam komunikasi menjadikan kita lebih mudah mendapatkan komunikasi yang bermanfaat, pastikan Anda selalu mendapatkan informasi yang tepat dan penuh manfaat dalam mendapatkan informasi yang Anda butuhkan sehingga Anda dapat mengkomunikasikan informasi dengan jelas, benar dan baik.

Tags: , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address