Motivasi 1347509683_2012253508

Published on February 17th, 2012 | by duniatraining

0

10 Tips Makan Secara Sehat

Pernahkah Anda mendengar istilah “You are what you eat”? Manusia mengkonsumsi berbagai jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Asupan yang seimbang akan memberikan manfaat yang lebih terhadap produktivitas seseorang, begitu juga apabila asupan makanan yang dikonsumsi tidak memberikan manfaat atau bahkan rendah gizi, hal ini dapat mengakibatkan kurangnya nutrisi yang diperlukan tubuh.

Berikut 10 tips yang dapat membantu Anda menikmati makanan yang Anda makan, sekaligus memaksimalkan manfaat dari makanan yang Anda makan.

  1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi Tinggi.
    Tubuh membutuhkan lebih dari 40 nutrisi yang berbeda untuk kesehatan yang baik dari berbagai makanan yang beraneka ragam, karbihidrat, buah-buahan, sayur, susu serta protein dari daging adalah rangkaian makanan yang saling melengkapi untuk kebutuhan nutrisi harian Anda.Mengkonsumsi satu jenis makanan tertentu secara berlebihan tidak baik untuk tubuh, kita memerlukan asupan yang seimbang, gunakan alat bantu piramida makanan untuk mengetahui seberapa besar porsi yang dibutuhkan tubuh untuk menerima nutrisi penting tiap harinya.
  2. Pentingnya Sayur Mayur dan Biji-bijian.
    Apakah Anda mengkonsumsi 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayuran ? Banyak orang terkesan tidak suka dengan hidangan sayur atau buah karena cara memasaknya.Untuk menyiasati hal tersebut cobalah untuk mencari resep baru yang dapat Anda gunakan untuk membuat hidangan sayur dan buah Anda lebih bervariasi.
  3. Menjaga Berat Badan.
    Banyak orang merubah pola makannya untuk mendapatkan berat badan ideal, terutama para wanita yang terobsesi dengan tubuh langsing.Yang harus diperhatikan adalah bagaimana kita dapat mengatur nutrisi yang seimbang masuk ke dalam tubuh kita, sehingga tubuh kita dengan sendirinya dapat berdaptasi dan memiliki berat yang seimbang. Banyak faktor yang menjadi penyebab masalah berat badan, seperti tinggi badan, usia, jenis kelamin bahkan keturunan.Dengan menjaga berat badan secara ideal melalui asupan gizi yang seimbang, maka Anda akan terhindar dari berbagai serangan jantung, penyakit darah tinggi maupun stroke atau diabetes. Olahraga yang teratur penting untuk menjaga berat badan.
  4. Porsi Makan.
    Dalam porsi makan yang baik, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi 3 ons daging. Tubuh akan menyimpan kelebihan energi dalam bentuk lemak, jadi sebaiknya Anda perhatikan porsi makan Anda.Panduan terpenting dari porsi makan sehat adalah mulailah makan pada saat Anda merasa lapar dan tidak melanjutkan makan setelah Anda merasa kenyang.
  5. Makan Sesuai Jadwal.
    Melewatkan jam makan akan membuat Anda merasa kelaparan dan menyebabkan Anda makan dalam porsi yang besar, dan memberikan masalah baru terhadap kondisi tubuh Anda.Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa ngemil di antara jam makan, namun yang harus digaris bawahi adalah pastikan cemilan Anda tidak terlalu banyak dan tetap sehat. Apapun yang dikonsumsi dalam jumlah besar akan mengakibatkan efek negatif bagi tubuh Anda.
  6. Mengurangi Bukan Menghilangkan.
    Kadang kita tidak dapat mengontrol diri atas makanan yang sangat kita sukai, berita baik apabila makanan kesukaan Anda masuk ke dalam daftar makanan yang direkomendasikan dokter, namun berita buruk apabila makanan favorit Anda adalah makanan yang tidak direkondasikan dokter, seperti junk food atau cemilan tidak sehat lainnya.Tidak masalah bila Anda tetap mengkonsumsinya, namun pastikan dalam jumlah yang terbatas dan tidak terlalu sering. Menghilangkan porsi kesukaan anda dalam menu keseharian akan menyebabkan keinginan yang berlebihan terutama pada saat ada kesempatan untuk menyantapnya.Pertama-tama gunakan tujuan Anda sebelum makan, apakah makanan ini cukup baik untuk di konsumsi, bila tidak cukup baik, cukup makan untuk menghilangkan rasa ingin dan pastikan tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan tersebut.
  7. Seimbangkan Pilihan Makanan.
    Tidak semua menu makanan Anda harus sempurna dan lengkap, bila hari ini Anda mengkonsumsi makanan tinggi lemak, bukan berarti Anda harus merasa sangat menyesal.Cukup tidak melakukan hal yang sama dan pastikan Anda mengkonsumsi makanan sehat untuk hari esok. Dengan begitu akan menyeimbangkan asupan gizi Anda.
  8. Tahu Perangkap Diet Sehat Anda.
    Cobalah mengidentifikasi apa saja yang Anda makan selama tiga hari dengan mencatatnya. Dengan mengetahui apa saja yang anda konsumsi, Anda akan lebih memahami apa yang harus Anda tambahkan untuk sarapan atau cemilan Anda.Ubahah cemilan Anda menjadi cemilan sehat yang rendah lemak. Hilangkan makanan yang memiliki porsi besar untuk setiap makanan Anda, misalnya mengganti asupan karbohidrat dari nasi menjadi kentang atau jagung, dengan begitu Anda dalam lebih beragam dalam nilai nutrisi dan tetap seimbang dalam asupan makanan.
  9. Perubahan Secara Bertahap.
    Jika Anda telah mengetahui trik sehat dalam melalui makanan, Anda dapat mengubah pola makan Anda, tidak perlu terburu-buru dengan segera mengubah cara makan dan pola makan Anda.Cukup mengubah setiap hal dengan perlahan namun secara konsisten. Bila Anda tidak suka dengan susu krim, cobalah susu rendah lemak dan lakukan hal tersebut untuk berbagai makanan lainnya.
  10. Ketahui Makanan baik dan Buruk.
    Saat kita memutuskan untuk mengkonsumsi sebuh makanan, maka akan kita memiliki pilihan untuk mengkonsumsi makanan yang baik maupun makanan yang buruk.Setiap makanan memiliki nilai gizi yang berbeda, yang menyebabkan makanan tersebut berbahaya atau tidak adalah seberapa sering dan dalam jumlah porsi yang kita konsumsi.Keripik kentang, permen, atau es krim tidak menjadi masalah bila Anda dapat mengkonsumsinya secara normal dan dalam porsi yang cukup.

Tags: , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address