Komunikasi 1720_wpm_lowres

Published on February 21st, 2012 | by duniatraining

0

4 Kiat Sukses Beradaptasi di Lingkungan Baru

Manusia sebagai makhluk sosial tidak akan pernah terlepas dari manusia lainnya. Orang-orang di sekitar kita memberi andil yang cukup besar untuk karakter kita.

Seiring dengan berjalannya waktu kita dipertemukan dengan lingkungan-lingkungan yang baru dan sering kita dituntut untuk cepat beradaptasi, saat bersama teman-teman SMA, kuliah maupun di lingkungan kerja kita memerlukan kemampuan adaptasi yang baik agar dapat diterima dengan baik di lingkungan baru kita.

Namun tidak semua orang dapat dengan mudah berbaur di lingkungan barunya. Anda dapat mencontek tips berikut agar dapat dengan mudah diterima di lingkungan baru kita.

  1. Senyum.
    Indonesia terkenal dengan keramah-tamahannya, maka siapkanlah senyum terbaik Anda saat berada di lingkungan baru. Cobalah untuk seramah mungkin dan terbuka terhadap setiap orang, dengan bersikap terbuka, Anda akan mendapat kesempatan lebih besar diterima dalam lingkungan baru.Jangan lupa selalu bersikap rendah hati dan dan menghormati kebiasaan yang ada di tempat baru Anda.
  2. Menjadi pendengar yang baik.
    Setiap orang selalu senang untuk didengarkan, mereka akan merasa dihargai saat didengarkan. Buatlah komunikasi dua arah yang tidak terlalu mendominasi, biarkan mreka berbicara dan dengarkanlah secara seksama apa yang tersirat dari obrolan yang ada dan jangan sungkan untuk bertanya apabila Anda merasa kebingungan.Bila Anda mengetahui dan menguasai suatu informasi yang berkaitan, tidak ada salahnya untuk memberikan pendapat Anda agar mendapatkan chemistry di antara hubungan.
  3. Berikan saran sebagai solusi.
    Sadarilah dan peka terhadap masalah-masalah yang ada di lingkungan baru Anda, saat Anda melihat orang lain membutuhkan bantuan, segeralah memberikan bantuan dengan tulus hati. Berilah perhatian dengan menanyakan keadaannya.Dengan ketulusan yang datang dari hati Anda, maka Anda akan memiliki citra diri yang positif dan sangat membantu dalam komunikasi anda dan orang-orang sekitarnya.
  4. Mengamati.
    Masing-masing orang memiliki karakter mereka sendiri, keunikan kararakter pada masing masing orang menuntut kita untuk dapat saling memahami.Dengan memahami masing-masing karakter yang ada, Anda dapat memutuskan apa yang harus Anda lakukan terhadap masing-masing karakter yang berbeda tersebut.Dengan memahami setiap karakter, Anda dapat lebih baik dalam berkomunikasi dan memunculkan saling keterbukaan.

Tags: , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address