Productivity 11701_wpm_lowres

Published on February 22nd, 2012 | by duniatraining

0

Tips Mengajarkan Remaja Tentang Penggunaan Kartu Kredit

Sangat penting untuk memberikan pengetahuan keuangan terhadap sang buah hati, terutama di saat mereka beranjak usia remaja. Seringnya orang tua memberikan kebebasan dalam menggunakan kartu kredit tanpa meluangkan waktu untuk anak memahami konsekuensi dari penggunaan kartu kredit apabila tidak dilakukan dengan penuh tanggungjawab.

Banyak orangtua berpikir bahwa kesadaran finansial bagi remaja tidak terlalu penting, namun penggunaan kartu kredit oleh remaja hendaknya disertakan dengan rasa tanggungjawab yang tepat.

Penjelasan Tentang Kartu Kredit.
Memberikan penjelasan yang mendasar tentang kegunaan kartu kredit dan bagaimana system kartu kredit bekerja. Pentingnya kesadaran dari sang anak bahwa kartu kredit tidak mewakili uang “mereka”.

Uang yang digunakan merupakan pinjaman dari bank , dan transaksi tersebut harus dibayar ditambah dengan biaya bunga.

Mungkin hal tersebut terlihat sulit dipahami bagi remaja bahwa uang yang mereka gunakan bukan uang mereka sendiri, sangat penting untuk menjelaskan bahwa kartu kredit digunakan untuk kenyamanan.

Walaupun mereka belum memiliki alasan untuk membuat penganggaran terhadap uang mereka, namun pentingnya memahami bahwa cara kerja kartu kredit yang dapat membuat seseorang terjerat hutang bila tidak berhati-hati dikarenakan system.

Menunjukkan cara kerja bunga kartu kredit.
Ada baiknya membagi pengalaman dari beberapa orang yang Anda kenal atau informasi yang ada tentang pengalaman nyata tentang bunga. Hal ini dapat diajarkan secara praktikal contohnya saat anak Anda meminta sejumlah besar uang untuk liburan, membeli permainan terbaru, maka anda dapat memberikannya dengan perjanjian berbunga, bahwa ia harus mengembalikan uang yang ia gunakan dalam jumlah tertentu.

Dengan begitu anak Anda akan menyadari apa arti bunga pada saat melakukan peminjaman terhadap bank. Begitu pula sebaliknya, Anda dapat berperan sebagai peminjam kepada anak Anda dan dalam kurun waktu tertentu sesuai kesepakatan, Anda dapat mengembalikan uang sesuai dengan jumlah bunga yang telah sama-sama disepakati sebelumnya.

Kartu kredit walaupun terkadang memiliki persepsi negative namun tidak selalu merugikan, semua tergantung bagaimana menggunakan kartu kredit. Apabila memahami ketentuan-ketentuan yang telah berlaku dalam mengunakan kartu kredit dan melakukan transaksi secara cerdas maka kerugian dapat dihindari.

Contohnya seperti menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan poin, barang gratis, serta cashback. Apabila kartu kredit digunakan sesuai proporsi dan tujuannya sebagai bagian dari rencana keuangan, maka kartu kredit dapat memberikan keuntungan yang maksimal.

Kunci utamanya adalah menjaga agar tidak menghamburkan uang yang tidak dapat dibayar kembali.

Tags: , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address