Financial malawi

Published on September 6th, 2013 | by duniatraining

Malawi Jual Pesawat Kepresidenan Untuk Beri Makan Rakyat Lapar

Ini adalah sesuatu yang luar biasa. Pemerintah Malawi menjual pesawat kepresidenan untuk memberi makan lebih dari 1 juta rakyatnya yang kelaparan. Dana yang diperoleh dari penjualan pesawat itu sebesar US$ 15 juta. Bahkan puluhan mobil mewah para menteri juga harus dijual untuk mendukung program ini.

“Dana US$ 15 juta yang kami dapat dari penjualan jet kepresidenan akan digunakan untuk membeli jagung lokal untuk membantu memberi makan rakyat yang menderita, dan sebagian lagi digunakan untuk produksi kacang-kacangan,” kata juru bicara Departemen Keuangan Malawi Nations Msowoya seperti dilansir The Nation, Jumat (6/9/2013).

Pesawt tersebut dijual ke perusahaan Virgin Islands, Bohnox Enterprise yang diumumkan bulan Mei. Jet mewah itu setiap tahunnya menguras kas negara karena biaya pemeliharaan dan asuransi yang mencapai US$300 ribu per tahun.

Akibat dari presiden terdahulu, mendiang Bingu wan Mutharika membeli 14 pesawat penumpang Dassault Falcon 900EX pada tahun 2009, hal itu membuat geram dari banyak negara-negara donatur Barat.

Inggris pun memangkas bantuan untuk pemerintahan Mutharika hingga 3 juta pounds yang menyebabkan goncangan perekonomian sehingga rakyat pun dilanda kelaparan.

Presiden Banda yang menggantikan Mutharika bahkan menurunkan gajinya sebesar 30 persen dan berjanji untuk menjual 35 mobil dinas Mercedez Benz yang digunakan para menteri kabinet.

Sungguh luar biasa presiden yang satu ini. Begitu mementingkan keperluan rakyat. Kapan ya Indonesia memiliki pemimpin yang luar biasa seperti presiden ini? Tuliskan komentar Anda di bawah..

Sumber

Tags: , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Back to Top ↑

Email address