Health 4329669964_d8790eec87_z

Published on February 24th, 2012 | by duniatraining

0

Teknik Jitu Berhenti Merokok

Kita semua tahu bahwa merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk untuk kesehatan, rokok dapat menjadi penyebab dari berbagai masalah kesehatan seperti kanker paru-paru, kanker pankreas, gangguan system pernapasan sampai terganggunya kehamilan.

Peraturan pemerintah untuk meminimalisasi rokok telah banyak diberlakukan seperti dilarang merokok di tempat umum hingga rencana menaikkan harga rokok guna mencegah anak di bawah umur untuk membeli rokok.

Melihat resiko yang mengintai para pekokok, banyak perokok yang terjebak dalam kebiasaan merokok. Berhenti dari rokok menjadi masalah berbeda dan pentingnya kesadaran akan kesehatan membuat para pekokok berencana untuk berhenti merokok, namun dengan berbagai sebab banyak sekali alasan untuk gagal terbebas dari rokok.

Berikut teknik-teknik bagi Anda yang ingin berhenti merokok, lakukan secara disiplin dan Anda akan mendapatkan hasil maksimal dan meraih target Anda untuk bebas dari rokok :

Alasan.
Tanyakan pada diri Anda sendiri kenapa Anda ingin berhenti merokok, dapatkan alasan yang memang benar-benar kuat untuk menjadi motivasi Anda untuk meraih goal Anda.

Temukan sebanyak mungkin dan hubungkan dengan aspek pribadi Anda, misalkan “Saya ingin berhenti merokok karena saya ingin menjadi orangtua yang baik untuk buah hati saya, saya ingin buah hati saya sehat dan rumah menjadi tempat berkumpul yang nyaman”

Bersiap.
Ada baiknya untuk mengkonsultasikan ke dokter Anda untuk mendapatkan informasi berupa bantuan atau obat-obatan untuk orang yang ingin berhenti merokok.

Tujuan.
Buatlah tujuan-tujuan kecil Anda, tetapkan tanggal dan hari anda berhenti, buat goal-goal kecil untuk jauh dari rokok.

Cobalah memiliki tujuan yang realistis karena hal ini dapat disiasati misalnya dengan menjadikan waktu sore hari menjadi waktu membaca buku untuk menggantikan waktu senggang saat Anda biasanya meokok atau sediakan permen di kantong sebagai pengganti rokok.

Hadiah.
Buatlah reward kecil untuk menghargai diri Anda setiap kali Anda meraih tujuan Anda. Seperti pergi ke pegunungan mencari udara yang lebih segar atau membeli Dvd Film kesayangan.

Membuat Perubahan.
Perubahan dalam diri Anda akan lebih efektif bila didukung oleh perubahan-perubahan kecil yang berarti di sekitar Anda, seperti menjauhkan asbak rokok, korek ataupun hal yang membuat Anda ingat terhadap rokok.

Buat Keterampilan dan Perilaku Baru.
Temukan cara-cara, Anda dapat menghindari merokok, ketahui apa yang membuat Anda merokok, hindari stress yang berlebihan dan dukung diri Anda dengan pemikiran serta kebiasaan sehat lainnya. Sehingga Anda akan terpacu untuk konsisten terhindar dari rokok.

Lakukan dan latih diri Anda untuk mampu menguasai keinginan untuk merokok, di awal mungkin menjadi perjuangan yang cukup berat, fokuslah pada tujuan dan apa yang dapat Anda raih serta Anda hindarkan bila Anda dapat berhenti merokok. Dan katakan Saya Bisa!!!

Tags: , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address