Financial 5299199423_f8de99f3ee_z

Published on February 28th, 2012 | by duniatraining

0

7 Tips Keuangan untuk Para Profesional Muda

Kita memang tidak pernah diajarkan bagaimana mengelola keuangan pribadi pada saat di sekolah ataupun di bangku kuliah, padahal pemahaman managemen keuangan sangat penting dimiliki oleh setiap orang.

Saat sekolah atau kuliah kita mungkin hanya mengetahui tentang menabung, padahal banyak sekali instrumen finansial yang dapat dikelola untuk meningkatkan taraf hidup kita. Hal ini biasanya kita sadari pada saat kita beranjak ke lingkungan kerja, sebagai professional yang telah memiliki penghasilan, penting kiranya untuk mengatur keuangan guna mencapai impian di masa yang akan datang.

Untuk memiliki keterampilan dalam mengatur keuangan, yang diperlukan hanyalah kesadaran betapa pentingnya pengelolaan uang dan kemauan untuk membuka pikiran terhadap informasi-informasi bermanfaat yang dapat memberikan strategi untuk memenuhi segala impian anda tentang finansial, baik berupa jalan-jalan ke luar negeri atau melanjutkan. Untuk membantu memulai perencanaan keuangan Anda, berikut tujuh tips yang dapat Anda lakukan untuk mencapai hidup nyaman dan sejahtera.

  1. Kontrol Diri.
    Dapatkah Anda menunda kepuasan Anda ? Jika jawabannya Ya. Selamat, Anda dapat dengan mudah mengontrol keuangan Anda dan tidak perlu terlalu pusing dengan istilah besar pasak daripada tiang. Namun bila jawaban Anda, Tidak. Anda perlu mempelajari keterampilan kontrol diri saat Anda memiliki banyak uang, karena ketidakmampuan mengontrol diri akan berdampak buruk pada status finansial Anda.Cobalah dengan mulai memahami antara kebutuhan dan keinginan, dimana kebutuhan adalah hal-hal yang tidak dapat ditunda seperti makanan, pakaian atau pun tempat tinggal dan keinginan adalah hal-hal yang kalaupun Anda tidak membelinya, Anda tidak akan kekurangan suatu apapun. Perhatikan kembali bunga kartu kredit Anda dan berlaku cermat dalam membeli suatu barang.Bila Anda dapat membeli barang dengan kualitas yang sama dan harga yang lebih terjangkau, tidak ada salahnya untuk memilih pilihan kedua, lagipula selisih harganya dapat Anda tabung atau belikan barang bermanfaat lainnya.
  2. Ambil Alih Masa Depan Finansial Anda.
    Jika Anda tidak dapat mengatur keuangan Anda, mungkin orang lainlah yang akan mengaturnya. Skenario terburuk yang mungkin terjadi adalah kesalahan managemen yang mungkin berdampak buruk bagi masa depan finansial Anda.Sebaiknya Anda mulai memahami pemasukan dan pengeluaran Anda, mulai mengenal investasi dan bagaimana memiliki pendapatan lebih untuk kebutuhan masa depan. Mungkin hari ini Anda tidak memerlukan uang untuk pendidikan, namun saat Anda memiliki keluarga Anda sendiri, mau tidak mau Anda harus memikirkan pendidikan anak Anda atau kebutuhan rumah tangga lainnya.Seiring dengan waktu yang terus berjalan, kebutuhan-kebutuhanpun akan terus datang, termasuk inflasi yang akan menggerogoti simpanan Anda di bank. Jadi mulailah melek secara finansial, miliki visi untuk membangun bisnis Anda sendiri dan mulailah berinvestasi untuk masa depan Anda.
  3. Cari Tahu Kemana Uang Anda Pergi.
    Saat anda mendapatkan penghasilan Anda di awal bulan, apa yang Anda pikirkan?Pengelolaan keuangan yang baik memerlukan data kemana sajakah uang Anda pergi, apakah cukup efektif untuk diri Anda atau sebagian besar hilang hanya untuk dihambur-hamburkan. Mulailah dengan membuat list apa saja yang harus Anda bayarkan untuk kebutuhan Anda, biaya listrik, sewa rumah, internet dan sebagainya dan pastikan pengeluaran yang lain ditekan sedemikian rupa. Bukan berarti Anda tidak boleh bersenang-senang dengan hasil kerja keras Anda, namun ada kalanya Anda harus tahu dimana pengeluaran terbesar Anda.Jadwalkanlah waktu dan budget untuk menikmati hasil kerja keras Anda, pilihlah satu hari di awal minggu dimana Anda menikmati makanan favorit Anda, namun tetap fokus dan catatlah pengeluaran-pengeluaran yang lain untuk dievaluasi di akhir bulan.

    Apabila Anda menemukan pengeluaran-pengeluaran yang tidak rasional, hal tersebut dapat menjadi pelajaran bagi Anda untuk tidak mengulanginya di bulan selanjutnya.

  4. Buat Dana Darurat.
    Setiap orang ingin terhindar dari kedaan yang tak terkontrol, namun tidak semua orang mampu terhindar dari masalah-masalah finansial yang kemungkinan akan melanda. Perekonomian yang tidak stabil, krisis atau malah pribadi mungkin mengancam rencana keuangan Anda, asuransi mungkin menjadi jalan keluar dari kemungkinan-kemungkinan yang tidak kita inginkan, namun antisipasi paling sederhana adalah memiliki tabungan yang cukup.Saat Anda membutuhkan dana darurat, mungkin Anda tidak punya banyak waktu untuk birokrasi yang berbelit-belit. Sisipkanlah minimal 10% dari penghasilan Anda untuk menabung, bila Anda masih lajang mungkin Anda persentase tersebut dapat ditingkatkan menjadi 20% mengingat kebutuhan Anda yang belum terlalu banyak.
  5. Mulai Pikirkan Tabungan Pensiun.
    Banyak orang meremehkan saat-saat pensiun mereka, tidak ada salahnya untuk berpikir jauh kedepan, mengingat setiap orang selalu ingin memiliki kehidupan yang luar biasa.Pensiun di usia dini dengan dana simpanan yang cukup menjadi impian banyak orang. Mulailah merencanakan dana pensiun Anda dengan menabung atau merencanakan simpanan berjangka yang banyak ditawarkan lembaga finansial untuk memenuhi kebutuhan Anda.Bila Anda bekerja di perusahaan yang memiliki program pensiun untuk karyawannya, Anda akan lebih terbantu.
  6. Kesehatan Adalah Investasi Utama.
    Asuransi kesehatan sangat digemari diantara asuransi lainnya, ini karena kesehatan tidak terlepas dari produktivitas kita yang sangat dinamis.Jika Anda belum memiliki asuransi, mungkin ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan. Setiap orang yang memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan pastilah memiliki cara-cara untuk menjaga kesehatan mereka. Hal-hal kecil dapat dilakukan untuk memastikan kesehatan Anda tatap terjaga dan tidak mengganggu produktivitas Anda, seperti menghindari rokok, minuman keras, menjaga berat badan proporsional, mengkonsumsi makanan sehat.Memang membutuhkan usaha ekstra untuk menjaga kesehatan Anda, tapi Anda akan berterima kasih kepada diri Anda sendiri ketika mengetahui biaya medis yang selangit.
  7. Jaga Kekayaan Anda.
    Anda perlu memiliki kepastian bahwa kekayaan Anda akan aman dan tidak lenyap begitu saja, Anda dapat mengambil langkah untuk melindunginya dengan mengambil perlindungan dari peristiwa-peristiwa seperti perampokan atau kebakaran.Asuransi cacat tubuh dapat melindungi aset terbesar Anda, karena cacat dapat mengganggu kinerja Anda atau yang lebih buruk dapat mengancam pendapatan tetap Anda melalui produktivitas yang terbatas.

Tags: , , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address