Leadership 981372736_74e2d99d8f_z

Published on February 29th, 2012 | by duniatraining

0

5 Cara Efektif Meningkatkan Intelegensi

Otak dan otot sama-sama memiliki kebutuhan akan olahraga, kemampuan keduanya dapat ditingkatkan dengan berbagai latihan dari skala ringan sampai berat dengan dibantu asupan nutrisi yang proporsional.

Namun pastinya jenis olahraga untuk otak berbeda dengan otot, otak membutuhkan rangsangan tertentu untuk membuatnya dapat melakukan kinerja yang optimal, lebih kreatif, solutif dan tetap fokus akan suatu pekerjaan.

Berikut adalah 5 cara sederhana yang sangat efektif dan dapat dilakukan oleh setiap orang.

  1. Kurangi Menonton Televisi.
    Mungkin sederhana, namun kelihatan sulit bagi banyak orang, mau tidak mau, disadari atau tidak, televisi telah menyedot waktu kita berjam-jam dengan berbagai tayangan yang disuguhkan.Padahal dengan waktu yang sama kita dapat melakukan hal-hal produktif lainnya misalnya dengan membaca buku, mencari informasi yang bermanfaat di internet, bersosialisasi dengan keluarga atau belajar keterampilan baru.Harus dipahami bahwa kita harus memiliki tujuan dan waktu yang proporsional saat menonton acara televisi, apa tujuan kita menonton televisi ? untuk sekedar hiburan atau mendapatkan informasi up to date ? apa tayangan yang ingin kita tonton?, bermanfaatkah bagi kita dan seberapa banyak waktu yang kita sediakan untuk menonton tv.

    Di samping itu memandangi televisi berlama-lama akan menyebabkan kelelahan pada mata dan menonton tayangan televisi terbukti menggunakan sedikit kapasitas mental kita apabila dibandingkan dengan hal-hal lainnya seperti membaca buku.

  2. Berolahraga.
    Kadang orang berpikir lebih baik mengalokasikan waktu berolahraga untuk melakukan hal-hal lain seperti bersosialisasi, jalan-jalan atau sebagainya. Namun sebenarnya dengan berolahraga kita akan lebih produktif dan lebih cepat dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.Semangat yang ditimbulkan dari tubuh yang sehat dan bugar akan memberikan mood yang baik dan memberikan energi lebih setiap hari.
  3. Membaca Buku Menantang.
    Membaca buku fiksi dengan misteri dan ketegangan yang khas menjadi hobi yang menyenangkan bagi sebagian orang, namun buku-buku tersebut kurang merangsang mental. Cobalah buku-buku novel klasik yang dapat memberikan gambaran berbeda terhadap dunia, berpikir lebih tepat dan mendapatkan kosa kata baru yang berbeda. Memahami adalah salah satu cara kerja ajaib otak. Dengan memahami hal-hal baru yang belum pernah kita ketahui sebelumnya, mendeskripsikan di imajinasi kita, maka akan memberikan gambaran pemahaman terhadap otak dan mendorong otak untuk mampu bekerja lebih cepat dalam memahami sesuatu.
  4. Tidur Lebih Awal dan Bagun Lebih Pagi.
    Kurang tidur memberikan andil yang besar dalam hilangnya konsentrasi Anda di kantor, pastikan Anda memiliki cukup jam tidur untuk menghadapi tantangan di siang hari.8 Jam sangatlah penting untuk mengisi ulang energi Anda. Pagi hari adalah waktu yang paling produktif, Anda dapat menggunakannya untuk berolahraga, berdoa mengucap syukur atau membuat rencana untuk satu hari kedepan. Apabila waktu produktif Anda terkorupsi oleh tidur larut malam, maka efek yang dihasilkan akan lebih buruk.Bila Anda terpaksa tidur larut malam, Anda dapat mencoba untuk tidur di siang hari sekitar 10-20 menit untuk menyegarkan kembali otak Anda dan menghilangkan penat. Namun jangan sampai terlalu lama, karena tidur siang yang terlalu lama akan menyebabkan Anda terlihat lesu.
  5. Renungan.
    Sering kali hidup kita menjadi begitu sibuk dan tanpa disadari kita merasa kewalahan akan segala aktivitas yang ada. Menyediakan waktu sendirian untuk relaksasi dan merenungkan beberapa hal yang penting untuk Anda adalah tindakan yang positif. Kadang otak membutuhkan kondisi refresh untuk mengumpulkan kembali konsentrasi yang dan menata kembali prioritas utama yang akan Anda kerjakan. Setelah itu Anda akan merasa segar dan meiliki pemahaman baru tentang apa-apa saja yang penting dan tidak penting untuk Anda.
    Tidak perlu pergi ke suatu tempat yang sunyi, pegunungan yang tentram atau pantai yang penuh deburan ombak, cukup ambil waktu Anda di antara kesibukan yang ada untuk menyadari sekitar Anda, pergi berjalan-jalan ke tempat baru, memperhatikan pencapaian yang telah kita raih dan bersyukur atas itu semua. Dengan begitu ide-ide baru akan muncul dan otak akan lebih peka terhadap hal baru, mudah beradaptasi dan lebih cepat belajar.

Tags: , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address