Komunikasi 308_wpm_lowres

Published on March 7th, 2012 | by duniatraining

0

Cara Efektif Meningkatkan EQ

Kecerdasan emosi atau biasa disebut EQ mutlak dimiliki oleh setiap orang, namun tidak semua orang menyadari betapa pentingnya EQ.

Kecerdasan emosional adalah tahapan dimana kita mengerti emosi diri sendiri maupun emosi orang lain guna mencapai tujuan organisasi atau bisnis.

EQ juga menentukan tingkat kualitas kehidupan pribadi, komunikasi dan kebahagiaan. Berikut beberapa cara efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosi Anda berdasarkan karya Harun Beck.

  1. Mengidentifikasi emosi diri.
    Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan EQ adalah menuliskan pikiran negatif dan mengidentifikasi apa yang sesungguhnya Anda rasakan. Seperti: frustasi, marah, kesepian.
  2. Melepaskan emosi negatif.
    Emosi negatif memberikan dampak buruk bagi hubungan Anda, baik dengan atasan maupun dengan bawahan. Seperti contohnya saat Anda dikejar deadline, maka Anda memiiki berpotensi lebih besar untuk stress dan saat Anda dikendalikan oleh emosi negatif Anda, maka akan lebih sulit meraih potensi terbaik dalam kinerja Anda.Anda dapat melakukan teknik melepaskan emosi negatif melalui teknik memberdayakan pikiran bawah sadar.
  3. Mengatur emosi dalam diri.
    Yang harus Anda ketahui dalam mengatur emosi dalam diri, baik emosi positif maupun negatif merupakan cara pikiran memberikan sinyal untuk melakukan tindakan guna menghadapi munculnya emosi tesebut. Untuk mengatur emosi yang Anda rasakan, Anda dapat menghargai emosi yang Anda rasakan.Dan cobalah memahami pesan yang disampaikan emosi serta yakini bahwa Anda pernah berhasil menangani emosi ini sebelumnya dan pastikan Anda dalam kondisi bahagia dalam mengatur emosi.
  4. Pentingnya memotivasi diri sendiri.
    Banyak hal yang dapat menjadikan kita bekerja dengan giat ataupun merasa lelah akan perkerjaan kita. Namun pastikan Anda selalu memiliki motivasi yang kuat akan setiap hal yang Anda sedang lakukan. Motivasi dapat menjadi bahan bakar Anda yang paling efektif untuk mencapai seluruh prestasi Anda.Sadari kapan saat-saat Anda merasa demotivasi atau penurunan motivasi dan Antisipasi langsung setiap gejalanya. Demotivasi yang berkelanjutan akan menghambat setiap aktivitas Anda.
  5. Berbicara dengan diri sendiri.
    Sadarkah Anda terkadang terdapat bagian-bagian pikiran kita butuh dipahami, saat merasa kesepian, saat merasa penolakan atau terjadi suatu kegagalan.Ubahlah diri Anda menjadi motivator pribadi untuk diri sendiri, pahami saat-saat Anda merasa terpuruk, dorong diri Anda untuk dapat mencapai hal-hal yang maksimal dalam hidup serta gunakan pendekatan yang baik dengan memahami diri sendiri melalui pembicaraan sederhana seperti halnya saat Anda berbicara dengan teman dekat Anda.

Tags: , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address