Financial 3777865755_2b3159967f_z

Published on March 27th, 2012 | by duniatraining

0

Memupuk Disiplin dalam Merencanakan Keuangan

Sebuah perencanaan keuangan memiliki andil besar dalam mewujudkan setiap keinginan Anda, seperti yang sebutkan pepatah “Gagal merencanaklan sama artinya dengan merencanakan kegagalan”

karena itu pentingnya sebuah perencanaan keuangan dalam keseharian Anda.

Terutama dikala harga mulai melonjak naik dimana diperlukan disiplin yang ketat guna memastikan tiap kebutuhan tercukupi sepenuhnya.

Berikut langkah tepat yang dapat menjadi acuan Anda dalam memetakan perencanaan keuangan Anda.

  1. Mulai dari sebuah mimpi.
    Saat Anda mengininkan suatu hal terjadi dlam hidup Anda entah itu secara materi ataupun secara pengalaman tertentu, Anda harus memvisualisasikannya dengan jelas. Jika Anda menginginkan rumah tertentu dengan spesifikasi yang khas, gambarkanlah rumah impian Anda dengan detail dan sertakan keterangan yang jelas. Carilah gambar yang mencerminkan rumah impian Anda dan tempel gambar tersebut di tempat-tempat yang mudah Anda lihat.Dengan begitu Anda dapat lebih mudah menvisualisasikan impian Anda dan menemukan jalan yang tepat meraih impian Anda. Dan alam bawah sadar Anda akan lebih mudah menerima impian Anda dan termotivasi untuk mewujudkannya.
  2. Perhitungan perencanaan keuangan.
    Pentingnya perhitungan yang detail dalam perencanaan keuangan akan membantu Anda dalam budgeting. Sebelumnya dapatkan informasi yang cermat dalam kebutuhan Anda sehari-hari dan temukan berapa besar dana yang dapat Anda sisihkan tiap bulannya.
  3. Perubahan bertahap.
    Melakukan perencanaan keuangan sama halnya dengan diet, Anda harus memastikan pengeluaran Anda tidak terlalu besar sehingga dapat merusak perencanaan anggaran yang lain. Namun pastikan saat melakukan perubahan tidak dilakukan secara drastis, dengan melakukan perubahan yang dastis Anda mungkin akan memiliki cukup uang simpanan, namun hal tersebut tidak akan bertahan lama karena kemungkinan besar status keuangan Anda akan kembali tidak stabil.Pastikan perubahan yang terjadi secara bertahap sehingga Anda dapat menikmati perubahan dan mempertahankan status keuangan Anda dengan kecepatan yang stabil dan tetap meningkat.
  4. Skala prioritas.
    Saat Anda membelanjakan uang Anda, pernahkan Anda memastikan apa tujuan Anda ? Prioritas akan membantu Anda dalam menentukan hal-hal yang layak untuk Anda beli dan memastikan Anda berada di jalur yang tepat dalam mengatur keuangan Anda.Setiap orang memiliki skala prioritas yang berbeda-beda namun secara umum Anda dapat mempriorotaskan kebutuhan pokok seperti makanan dan keperluan sehari hari. Hindari pembelian produk yang tidak terlalu Anda butuhkan.
  5. Sabar.
    Perencanaan keuangan sangat membutuhkan kesabaran dalam prakteknya, dengan penerapan yang tepat dan konsisten Anda akan mampu mencapai tujuan Anda dan selalu ingat bahwa perencanaan keuangan adalah kegiatan jangka panjang dan Anda dapat melakukannya dengan menyenangkan karena memiliki tujuan yang jelas.
  6. Konsultasi keuangan.
    Bila Anda masih ragu dalam menentukan beberapa hal atau merasa membutuhkan jawaban yang tepat atas masalah Anda, jangan ragu untuk bertanya kepada ahlinya, disarankan untuk bertanya kepada orang yang telah mempelajari perencanaan keuangan dengan detail sehingga pengetahuan yang Anda dapatkan tidak hanya sekedar berasal dari pengalaman.

Mulailah merencanakan keuangan Anda untuk memastikan setiap impian Anda terwujud. Selamat merencanakan dan sukses.

Tags: , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address