Financial 6848822477_11c5a7dfab_z

Published on April 11th, 2012 | by duniatraining

0

Pentingnya Pengaturan Keuangan

Pemasukan yang memadai bahkan lebih untuk kebutuhan kehidupan sehari-hari menjadi hal yang penting di saat mulai merangkaknya harga kebutuhan pokok, namun apabila dievaluasi, apakah pemasukan Anda juga ikut naik.

Bagi karyawan baik swasta maupun pemerintah, meningkatnya pemasukan berupa gaji menjadi hal yang diidamkan guna memperbesar porsi pemasukan.

Menurut perencanaan keuangan, idelnya kenaikan gaji karyawan setidaknya dua kali besaran inflasi di tahun yang sama.

Jika diprediksi inflasi tahun ini adalah 4,5%, kenaikan gaji karyawan idealnya adalah 9%. Namun apabila kenyataan tidak seindah teori yang ada, apa yang harus dilakukan?

Tidak semua perusahaan memberlakukan sistem kenaikan gaji berdasarkan inflasi, namun tidak perlu terburu-buru untuk pindah haluan kerja ke perusahaan lain, Anda masih dapat mensiasati kenaikan inflasi dengan cara berikut.

  1. Evaluasi Keuangan.
    Keamanan finansial cukup penting untuk menjadi prioritas Anda, ingat bahwa pengeluaran menjadi tanggungjawab kita sepenuhnya. Pengeluaran bisa ditekan, seperti biaya makan, Anda dapat sesekali menghemat biaya makan siang dengan membawa atau membeli makan siang dari rumah, atau mulai beralih ke restoran yang bernuansa sederhana.Tidak hanya makan, transportasi, dan hutang dapat diminimalisir sedemikian rupa untuk mengurangi pengeluaran Anda.
    Untuk pengelolaan keuangan keluarga, cicilan hutang haruslah lebih kecil dari 30% dan investasi sebaiknya 10% dari total penghasilan bulanan. Sebaiknya pengelolaan keuangan Anda seiring dengan kecilnya persentase hutang dan besarnya persentase investasi untuk mengamankan keuangan Anda.
  2. Penghasilan Tambahan.
    Tidak hanya butuh pengendalian keuangan, Anda sebaiknya juga mencari pendapatan baru di luar pendapatan utama, seperti investasi, kerja tambahan, membuka usaha, menyewakan properti. Berikut bahasannya.- Investasi Lebih
    Sebaiknya Anda mulai melirik investasi jangka pendek yang banyak ditawarkan, dengan sedikit bertanya ke orang yang lebih ahli atau mencari informasi melalui media internet.Anda dapat mempertimbangkan dan memulai investasi jangka pendek, walaupun dari segi return, investasi jangka pendek kurang menggiurkan dibanding investasi jangka menengah atau panjang, setidaknya resikonya tidak terlalu besar, mudah likuid dan sebagai pengenalan Anda terhadap dunia investasi.

    – Kerja Tambahan.
    Pekerjaan sampingan dapat menjadi alternatif bagi Anda yang sedang mencari tambahan penghasilan dan minim modal, sebaiknya Anda mulai memahami pekerjaan apa yang dapat Anda geluti dan sesuai dengan kegemaran atau kemampuan Anda.

    Dibutuhkan antusias yang tinggi mengingat pekerjaan tersebut akan menyita sebagian dari waktu pribadi Anda, jangan sampai pekerjaan sampingan Anda mengganggu pekerjaan utama atau dilakukan dengan asal-asalan.

    Contohnya apabila Anda gemar fotografi dan design, Anda dapat menawarkan jasa fotografi disertai design yang menarik dan Anda dapat mengerjakannya di akhir pekan. Sebaiknya keahlian yang dibutuhkan juga sesuai dengan kemampuan Anda dalam mengelola pekerjaan tambahan.

    – Membuka Usaha.
    Membuka usaha repot ? Memang, namun dengan hasil yang lebih dari sekedar cukup, Anda akan berpikir dua kali untuk tidak memulai usaha Anda sendiri. Idealnya seorang pengusaha yang akan memulai usaha memiliki tiga kali modal, karena resiko gagalnya usaha yang baru dirintis akan sangat besar, dan apabila Anda memiliki modal tiga kali lebih besar, usaha penyelamatan usaha apabila tidak mendapatkan profit di bulan ke enam akan terselamatkan.

    Jika Anda ingin lebih simple, belilah waralaba yang sistem dan peraturannya sudah terstruktur, selektif sangat dibutuhkan dalam memilih waralaba yang sebagian besar menjanjikan keuntungan. Fokus dan keseriusan sangatlah penting, mulailah dengan usaha yang kecil dan benar-benar dapat Anda tangani.

    – Menyewakan Properti.
    Tidak perlu terlalu jauh untuk mencari pemasukan tambahan, apabila Anda memiliki rumah yang cukup besar atau memiliki lebih dari satu rumah, penyewaan rumah dapat menjadi alternatif yang cukup efektif untuk Anda, tidak perlu fokus yang terperinci atau perhitungan yang sangat detil.

    Jika Anda tidak memiliki rumah lebih, Anda dapat mensisati dengan membeli properti di lokasi yang strategis dengan uang muka tabungan Anda dan properti tersebut disewakan, dengan catatan setengah uang sewa digunakan untuk cicilan properti, dan pastikan masih ada dana cadangan lebih dalam simpanan Anda.

  3. Mencari Pekerjaan.
    Setiap orang memiliki prioritas, baik untuk kebutuhan pribadi maupun dalam keputusan finansial, jika Anda memutuskan untuk mendapatkan penghasilan tambahan di perusahaan yang baru, disarankan agar Anda bisa melakukan megosiasi yang baik dari sisi finansial, dengan tujuan mendapatkan gaji lebih besar daripada yang didapat sebelumnya sehingga status keuangan Anda dapat lebih baik.Berapakah gaji yang harus Anda pertimbangkan di perusahaan baru ? Sebaiknya Anda mempertimbangkan skill Anda dan negosiasi besaran gaji sekitar 20% lebih tinggi dari gaji yang diterima sebelumnya. Namun tidak hanya itu, Anda juga harus mengetahui potensi kenaikan gaji pertahun serta indikator apa saja yang menentukan kenaikan gaji Anda, fasilitas dan uang makan serta transportasi.

Tags: , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address