Health 1221816497_7b624a6e78_z

Published on April 17th, 2012 | by duniatraining

0

5 Cara Mengubah Kebiasaan

Tahukah Anda menurut penelitian kebiasaan membentuk 40 pesan dari perilaku kita tiap hari, secara tidak sadar kita melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang positif maupun yang negatif.

Namun pernahkah Anda mengevaluasi berapa banyak kebiasaan Anda yang merugikan efektifitas Anda sehari hari ? Ternyata terdapat cara mengubah kebiasaan kita menjadi lebih baik, berikut langkah-langkahnya

  1. Mengidentifikasi Kebiasaan Rutin Anda.
    Pilah dan pilihlah kebiasaan Anda mana yang bermanfaat untuk Anda, identifikasikan pentingnya kebiasaan tersebut bagi kehidupan Anda, dan apa saja kebiasaan yang membuat Anda terjerumus ke keadaan yang kurang efektif. Terdapat pola dasar dari setiap kebiasaan yaitu isyarat,rutinitas dan hadiah.Untuk memahami kebiasaan Anda, Anda perlu mengidentifikasi komponen perulangan Anda, dimana Anda secara rutin melakukan hal dengan pola yang sama secara terus menerus. Mulailah dengan kesadaran bahwa Anda ingin berubah, miliki tujuan, misalnya saat kebiasaan Anda bagun siang di pagi hari, aturlah diri Anda dimalam hari dan miliki tujuan mengapa Anda ingin pagun lebih pagi hari berikutnya
  2. Imbalan yang Pantas.
    Jika Anda telah melewati kebiasaan Anda yang baik, apresiasi dengan hal-hal yang pantas, contohnya dengan memberikan hadiah. Putuskan apa yang akan Anda berikan kepada diri Anda jika dapat bangun dipagi hari, misalnya membeli jus buah favorit Anda di siang hari hari atau membeli DVD film terbaru.Analisis juga apakah yang menyebabkan Anda memiliki kebiasaan bagun lambat di pagi hari? Kebiasaan satu memiliki hubungan yang erat dengan kebiasaan lainnya, mungkin kebiasaan Anda mengkonsumsi kopi di malam hari menjadi penyebab Anda memiliki kebiasaan bagun lambat dipagi hari, cobalah berangsur-angsur mengganti kebiasaan Anda menjadi lebih baik, maka Anda akan mendapatkan hari yang jauh lebih efektif. ‘
  3. Saling Terkait
    Kebiasaan juga dipengaruhi oleh isyarat dan percobaan telah menunjukkan bahwa hampir semua isyarat masuk kedalam satu dari lima kategori.
    -Lokasi
    -Waktu
    -Keadaan Emosional
    -Orang Lain
    -Segera sebelum tindakanJika lima kategori tersebut di perhatikan dan dievaluasi maka kebiasaan Anda dapat diubah, mulailah dari lokasi, dimana Anda melakukan kebiasaan bangun tidur Anda, mungkin posisi alarm tidak proporsional untuk dijangkau sehingga Anda lupa menset alarm sebelum tidur.Kapan waktu yang cukup untuk Anda beristirahat, apa yang membuat Anda tidur larut malam dan apa yang harus Anda lakukan setelah bangun tidur.
  4. Rencanakan
    Setelah Anda menemukan lingkaran kebiasaan Anda, segera identifikasi dan geserlah perilaku Anda secara perlahan. Anda dapat mengubah rutinitas menjadi lebih baik dengan perencanaan, dan memilih perilaku yang dapat memberikan Anda hadiah atas tindakan Anda.Rencanakan semuanya, mulai dari hal-hal kecil hingga Anda melakukannya secara rutin dan pendapatkan hadiah Anda, cobalah memberiksn respon yang positif terhadap diri Anda atas rencana yang telah Anda buat.
  5. Kunci
    Hidup kita dipenuhi dengan kebiasaan, dan waktu yang terbatas. Mengetahui bagaimana untuk meningkatkan perilaku tidak menyelesaikan pertanyaan utama : bagaimana cara kita mengubah diri kita sendiri melalui hal-hal kecil disekeliling kita.

Tags: , , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address