Leadership helps

Published on January 10th, 2012 | by duniatraining

0

Membangun Pribadi Pantang Menyerah

Emotion Endurance mutlak dimiliki oleh semua orang dalam menghadapi persaingan dunia kerja yang sekarang ini semakin menutut kinerja, kreativitas dan energi lebih dalam menghadapi dan menangani tekanan yang ada.

Kemampuan ini sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan atau kondisi yang tidak mendukung, melalui ketahanan emosi yang kuat maka akan lebih mudah menghadapi tantangan-tantangan dan dengan dibantu motivasi yang kuat untuk mencapai goal, maka akan memudahkan Anda meraih tujuan Anda.

Terdapat banyak  kasus dimana seseorang dengan mudah mengeluh dan menyerah atas masalah yang sedang dihadapinya, padahal bila dipikirkan secara jernih, masalah yang dihadapi dapat ditemukan solusinya. Hendaknya kita selalu bersiap untuk berada di kondisi-kondisi yang kurang nyaman, jangan membebani diri Anda dengan terlalu memikirkan tekanan-tekanan yang nantinya akan berpengaruh buruk terhadap prokduktivitas Anda. Hadapi tekanan dengan santai namun tetap bertanggung jawab, karena itulah terkadang EQ lebih dibutuhkan daripada IQ di dalam dunia kerja.

Mengetahui pentingnya ketahanan dalam mengelola tekanan yang ada di kantor, maka sebaiknya kita mengetahui trik untuk meningkatkan ketahanan emosi kita guna menjadikan diri kita lebih berkompetensi dalam menjalankan aktivitas kita secara profesional. Berikut trik untuk meningkatkan ketahanan EQ Anda :

  1. Kerjakan sesuai proporsi waktu
    Pekerjaan yang menumpuk menambah potensi anda untuk stress, cobalah pahami mengapa pekerjaan Anda bisa menumpuk, mungkin penyebabnya bukan dari banyaknya pekerjaan, namun dari frekuensi waktu yang Anda porsikan untuk melakukan pekerjaan tersebut.Bila suatu pekerjaan dapat dikerjakan selama dua jam menurut prediksi Anda, maka pastikan pekerjaan tersebut dapat berjalan sesuai rencana Anda, tidak lebih dari dua jam, bahkan apabila pekerjaan tersebut dapat Anda kerjakan dengan lebih cepat, itu akan membuat nilai tambah untuk produktivitas Anda. Waspadalah dengan menunda pekerjaan, Anda akan kehilangan kontrol atas waktu Anda dan berakibat membebani pikiran Anda.
  2. Jangan terlalu serius
    Tidak ada salahnya untuk mencoba menertawakan kesalahan Anda, melakukan kesalahan adalah sesuatu yang wajar dan dengan kita cara menertawakan kita akan lebih jernih melihat masalah dari kesalahan tersebut dan mengurangi resiko stress. Namun pastikan Anda juga telah mengambil pelajaran berharga dari kesalahan tersebut dan pastikan Anda tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.
  3. Ubah fokus Anda
    Saat Anda berada dalam tekanan yang tentunya membuat Anda tidak nyaman, alihkan fokus Anda sejenak ke hal-hal lain yang membuat Anda nyaman. Ambil waktu sejenak untuk memikirkan hobi Anda, membeli koleksi baru untuk aksesoris Anda atau rencanakan menikmati waktu berharga Anda dengan menonton tayangan komedi atau olahraga favorit Anda. Dengan begitu Anda akan lebih mudah terhindar dari jebakan stress yang mengintai saat Anda dalam kondisi panuh tekanan.
  4. Santai sejenak
    Anda pernah mencoba meditasi ? Ketika Anda kehilangan keseimbangan pikiran, saat dihadapkan pada kondisi sulit, ambillah waktu sejenak untuk diri Anda. Ambil nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan, meditasi akan membantu proses rebalance pikiran Anda agar Anda dapat lebih fokus menemukan solusi atas masalah Anda.
  5. Pilih hal-hal baik
    Begitu banyak hal yang kita temui, hadapi dan mau tidak mau hal-hal tersebut mempengaruhi kita setiap harinya. Setiap hal yang kita temui memiliki muatan positif maupun negatif. Dengan lebih menyadari apa yang kita alami, maka akan lebih mudah membuat keputusan untuk menerima hal-hal positif yang terjadi dalam diri dan menghindari hal negatif. Pastikan Anda selalui menemukan hal positif dalam hidup Anda dan menghargai hal positif tersebut, dengan begitu Anda dapat lebih menghargai diri Anda sehingga Anda lebih bersemangat dalam emnghadapi segala tantangan yang ada.

Source Image : FreeStockPhotos
Sumber Article : EQ @ Office

Mari berbagi cinta

Jika Anda menyukai artikel ini, Anda bisa klik tombol dibawah ini agar teman-teman Anda juga bisa mendapat manfaat yang sama dari artikel ini.

Tags:


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address