Komunikasi team

Published on January 11th, 2012 | by duniatraining

0

Membangun Komunikasi Tim yang Efektif

Bekerja dalam tim yang penuh dengan keterbukaan dan komunikasi yang baik merupakan sebuah kelebihan dan menjadi suatu kepuasan tersendiri apabila pemikiran kita mampu untuk dicerna dengan baik dalam forum dan bersinergi antara satu dengan yang lainnya.

Namun untuk membangun sebuah tim yang solid dengan didukung komunikasi yang efektif perlu komitmen dan kesadaran antar masing-masing personil dalam tim. Apakah tim Anda bertindak seolah mereka hanya sekelompok orang yang berkumpul atau belum memiliki tujuan yang sama?

Berikut tips untuk membangun dinamika tim yang lebih baik:

  • Cobalah untuk lebih tertarik dengan rekan tim Anda Tahukah Anda ketika kita saling terbuka dan tertarik dengan rekan kerja Anda, hal tersebut akan berdampak positif karena berhubungan langsung dengan hasil keseluruhan tim.  Meningkatkan ketertarikan antara satu sama lain seperti lebih mengenal hobby atau keluarga akan memberikan perbedaan yang cukup berarti bagi kinerja tim.
  • Bertanyalah untuk mengklarifikasi Menurut berbagai pendapat, penilaian, pengalaman dan penelitian komunikasi sulit dilakukan secara efektif bila dalam situasi yang bising. Pastikanlah Anda mendapatkan pesan dari rekan Anda secara lengkap dan jelas, apabila berasa kurang tidak ada salahnya untuk mengklarifikasi ulang agar tercipta persepsi yang jelas.
  • Hormatilah rekan tim Anda dalam berbagai halSetiap orang di dalam tim seharusnya memiliki tujuan yang sama.  Masing-masing orang datang dengan talenta dan kemampuan mereka masing masing untuk konstribusi tim, karena itu penting untuk saling menghormati kehebatan masing-masing rekan hari ini.
  • Berikan penghargaan bahwa apa yang mereka lakukan benar Perhatikanlah hal-hal detil seperti ketepatan waktu, partisipasi dalam pertemuan, mengatur waktu dan berikanlah mereka pujian yang proporsional, tidak perlu berlebihan. Yang terpenting adalah mereka dapat mengetahui kita sebagai rekan kerjanya mampu memberikan apresiasi untuk setiap hal positif yang mendukung kinerja tim.
  • Pastikan permintaan Anda jelas dan dimengerti Komunikasi berkaitan erat dengan kebutuhan dan permintaan , ketika meminta sesuatu kepada rekan kerja pastikan komunikasi  tersebut didengar dan dipahami secara jelas. Hal tersebut dapat dipastikan dengan cara meminta mereka mengulangi apa yang Anda komunikasikan. Mungkin Anda akan terkejut dengan apa yang anda dengar.
  • Berikan perhatian Meningkatkan perhatian dalam berkomunikasi sangat membantu dalam penyampaian pesan dan dapat meminimalisir salah paham.  Bahasa tubuh, nada suara, energi dan antusiasme adalah adalah aspek-aspek komunikasi yang dapat dilihat saat kegiatan berkomunikasi.

Berbagai tips di atas dapat membantu Anda  lebih mengenal dan memahami tim Anda, karena sebuah tim adalah sekelompok individu yang memiliki tujuan yang sama, ingin dihargai untuk setiap hal kecil yang mereka lakukan serta diakui atas keberadaan mereka. Luangkanlah sedikit dari waktu anda untuk mereview komunikasi Anda untuk hasil kerja yang lebih maksimal.

Tags: , , , , , ,


About the Author

duniatraining

pecinta pengembangan diri dan berkomitmen untuk memberikan motivasi dan inspriasi terbaik di website ini untuk para pecinta pengembangan diri lainnya. Delivering Happiness adalah value kami.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑

Email address